Ini Dua Operator yang Sediakan Jaringan 5G di DKI Jakarta
Jaringan 5G tersedia di Telkomsel dan Indosat. (foto: 5G / Indosat Ooredoo)

Bagikan:

JAKARTA - Jaringan generasi kelima atau 5G telah memasuki sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk DKI Jakarta. Berbagai operator seluler terus mengembangkan jaringan anyar itu seiring waktu.

Jaringan 5G sendiri menawarkan kecepatan internet tinggi dan latensi rendah sehingga memberdayakan berbagai use cases unik yang mencakup semua industri, dan berlaku untuk pelanggan bisnis juga konsumen.

Beberapa use cases paling canggih termasuk mobil terhubung dan layanan hiburan dalam mobil, teknologi pengawasan pintar seperti drone dan CCTV pintar, listrik pintar yang secara otomatis mendeteksi kesalahan di sirkuit rumah tangga.

Selain itu, berguna juga untuk aplikasi kesehatan yang melibatkan pemantauan jarak jauh dan aplikasi hiburan seperti video HD seluler, video 360, dan virtual reality.

Berikut VOI informasikan dua operator mana saja yang sudah sediakan jaringan 5G di wilayah DKI Jakarta:

Telkomsel

Pertama kali operator seluler yang menyediakan jaringan 5G di Ibu Kota adalah Telkomsel. Setelah sebelumnya resmi mendapatkan sertifikasi Uji Laik Operasi (ULO) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) beberapa waktu lalu.

Telkomsel memanfaatkan frekuensi 2,3 GHz untuk data plane dan pita frekuensi radio 1,8 GHz untuk control plane. Perusahaan bahkan menyebut kecepatan 5G ini 100 kali lebih cepat dibanding 4G. Dengan begitu, jaringan tersebut tentu saja menjanjikan kecepatan unduh dan unggah yang lebih baik dan pengalaman yang lebih nyaman bagi pelanggan.

Perlu dicatat, sebaran 5G Telkomsel untuk wilayah DKI Jakarta meliputi Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, Alam Sutera, GraPARI Bandara Soekarno Hatta, dan wilayah lainnya yang akan segera menyusul.

Bagi Anda yang ingin menikmati layanan Telkomsel 5G, terlebih dahulu harus memastikan beberapa hal berikut:

  1. Menggunakan kartu bertipe uSIM (kartu SIM 4G)
  2. Berada di lokasi yang sudah terlayani jaringan Telkomsel 5G
  3. Menggunakan perangkat smartphone yang telah mendukung jaringan dan layanan Telkomsel 5G, serta memastikan fitur 5G sudah aktif pada perangkat tersebut
  4. Memastikan nomor ponselnya telah aktif fitur 5G
  5. Untuk saat ini nomor ponsel sejumlah pelanggan telah diaktifkan fitur 5G secara langsung (bertambah secara bertahap). Pelanggan juga dapat mengunjungi telkomsel.com/5G dan mengisi form registrasi dan memberikan aspirasi sebagai bahan pertimbangan pengembangan jaringan Telkomsel 5G

 

Indosat

Selanjutnya, adapula Indosat Ooredoo yang baru saja memperluas jaringan 5G milik mereka di DKI Jakarta. Ini menjadi kota kedua yang tercakup jaringan 5G Indosat Ooredoo, setelah sebelumnya meluncur di kota Solo, Jawa Tengah.

Cakupannya sendiri yakni di sekitar Monumen Nasional (Monas), atau wilayah kantor pusat Indosat Ooredoo di Jl. Medan Merdeka Barat. Tidak hanya untuk pelanggan, 5G Indosat Ooredoo juga ditujukan untuk kepentingan industri atau bisnis. Tentu saja itu berada di kawasan industri Karawang, Jawa Barat.

"Kami percaya teknologi 5G dan berbagai use cases akan membantu merevolusi cara industri dan bisnis beroperasi dan cara konsumen mengakses layanan publik dan hiburan," ungkap President Director and CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama.

Sebagai informasi, Indosat Ooredoo menjalankan jaringan 5G pada pita frekuensi 1.800MHz atau 1.8GHz dengan lebar pita 20MHz dalam rentang 1.837,5MHz sampai 1.857,5MHz.

Terakhir, Indosat Ooredoo juga berencana untuk memperluas peluncuran komersial jaringan 5G ke kota-kota besar lainnya di Indonesia seperti Surabaya, Balikpapan hingga Makassar.

Untuk mengaktifkan jaringan 5G Indosat Ooredoo, pelanggan dapat langsung menikmati layanan 5G tanpa perlu aktivasi dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pelanggan menggunakan perangkat atau device yang sudah mendukung layanan 5G Indosat Ooredoo
  2. Berada di area jangkauan layanan 5G Indosat Ooredoo
  3. Menggunakan kartu atau SIM card dengan tipe USIM (pelanggan yang sudah menggunakan USIM tidak perlu melakukan penggantian kartu)