Bagikan:

JAKARTA – Komputer seharusnya memiliki kualitas audio yang baik untuk mendukung pekerjaan sehari-hari. Jika kualitas komputer Windows yang Anda gunakan sangat buruk, Anda masih bisa mengatasinya.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas audio selama menonton, mendengarkan musik, melakukan pertemuan virtual, atau bermain gim. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas audio, dilansir dari How to Geek.

Tingkatkan Jenis Audio Tertentu

Seperti perangkat pada umumnya, Windows menawarkan penyempurnaan audio dengan meningkatkan jenis audio tertentu, seperti bass atau efek Virtual Surround. Untuk mengatur kualitas audio, Anda bisa membulat Setelan pada perangkat yang digunakan.

Setelah itu, buka Sistem, pilih menu Suara, lalu pilih Setelan Suara Lainnya. Selanjutnya, buka tab Pemutaran, klik kanan pada perangkat keluaran audio, lalu pilih Properti. Berikutnya, klik tab Penyempurnaan dan pilih pengaturan yang diinginkan dengan memberikan tanda ceklis.

Aktifkan Suara Spasial

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas audio adalah dengan menggunakan mode suara spasial. Beberapa komputer Windows terbaru menyediakan Windows Sonic, tetapi suara yang dihasilkan masih kurang bagus.

Jika Anda ingin mendapatkan kualitas yang lebih baik, Anda bisa menginstal Dolby Atmos yang memerlukan biaya berlangganan. Jika Anda tertarik menggunakan Dolby Atmos dan sudah mengunduhnya, Anda masih perlu mengubah format audionya.

Buka Pengaturan Suara, lalu pilih Speakers. Setelah itu, klik tab Audio Spasial, klik menu drop-down, lalu ubah opsi Windows Sonic untuk Headphone menjadi Dolby Atmos untuk Headphone.