Kenali Perbedaan <i>Headset</i> dan <i>Earphone</i>, Mana yang Lebih Baik sebagai Perangkat Penunjang Audio?
Ilustrasi Headset untuk gadget (foto: StockSnap/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Headset dan earphone adalah dua jenis aksesoris ponsel yang sering dianggap sama. Sebab, sama-sama berfungsi sebagai alat penunjang mendengarkan audio. Sedianya, kedua jenis perangkat audio ini memiliki bentuk dan kegunaan berbeda. Lantas, apa perbedaan headset dan earphone?

Perbedaan Headset dan Earphone

Perbedaan headset dan earphone sebenarnya sangaat tipis. Kedua alat ini memungkinkan pengguna untuk mendengarkan audio yang berbeda-beda.

Kendati terdapat beberapa hal yang membedakan headset dan earphone, paradigm yang disepakati secara universal tidak ada. Hal ini mengakibatkan penyebutannya tidak selalu baku untuk alat tertentu.

Perbedaan paling kentara dari kedua alat penunjang audio ini adalah dengan mengetahui definisi headset dan earphone.

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, Jumat, 4 November 2022, berikut perbedaan headset dan earphone sebagai alat penunjang audio.

Headset

Apabila dilihat dari segi fisik, bentuk headset terlihat seperti headphone – aksesori alat dengar sederhana yang hanya bisa digunakan untuk mendengarkan tanpa bisa digunakan untuk komunikasi.

Akan tetapi, headset memiliki mikrofon yang terpasang di perangkatnya sehingga bisa digunakan untuk komunikasi, sementara pada headphone, tidak.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa headset adalah perangkat audio yang lengkap karena dibekali oleh speaker dan mic.

Dari segi suara, headset memiliki kualitas suara terbaik. Headset juga memiliki peredam suara agar tidak terganggu gangguan suara luar.

Karena headset dibekali mic atau pengeras suara yang terpasang pada perangkatnya, headset yang cocok jika digunakan untuk melakukan video konferensi.

Selain itu, headset juga termasuk dalam perangkat penunjang audio yang praktis. Karena mudah dibawa dan digunakan pada setiap momen.

Meski begitu, pengguna headset tetap harus menyediakan tempat khsusus dan harus berhati-hati jika ingin membawa headset ke mana-mana.

Earphone

Ilustrasi earphone
Ilustrasi earphone (kaboompics/Pixabay)

Earphone adalah perangkat penunjang audio yang bentuknya lebih kecil ketimbang headset.

Earphone lebih praktis ketimbang headset, sebab bentuknya lebih kecil. Sehingga praktis dibawa ke mana-mana. Oleh sebab itu, jangan heran jika pengguna earphone lebih banyak ketimbang headset.

Kepraktisan earphone juga terlihat dari cara penggunaannya. Earphone dipasang langsung pada lubang telinga dan memiliki kabel yang dihubungan pada perangkat smartphone.

Selain itu, earphone juga bisa dipasang di berbagai perangkat lain seperti tablet, laptop, atau komputer.

Dari segi fungsi, earphone hampir sama dengan headset, yakni mendengarkan audio dan berkomunikasi dua arah.

Earphone juga mempunyai mic yang disematkan pada kabel yang menghubungkan speaker dengan perangkat.

Akan tetapi, seiring perkembangan teknologi yang kian masif, saat ini, banyak earphone nirkabel yang dihubungan lewat bluetooth. Inovasi ini membuat pengguna lebih nyaman ketika menggunakan earphone, terlebih saat berolahraga.  

Sementara dari segi kualitas audia, earphone tidak memiliki peredam suara seperti headset. Kondisi ini membuat pengguna berpotensi terganggu dengan suara dari luar.

Mana yang Lebih Baik, Headset atau Earphone?

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan nyata antara headset dan earphone adalah dari segi ukuran. Kendati sama-sama praktis, ukuran headset lebih besar dibanding earphone.

Selain itu, headset juga lebih cocok digunakan untuk konferensi, karena minim gangguan dari suara luar. Meski begitu, earphone lebih mudah dibawa ke mana-mana, terlebih bagi pengguna earphone nirkabel.

Demikianlah informasi seputar perbedaan headset dan earphone. Semoga bermanfaat!