Apple Mulai Singkirkan Penggunaan SIM Card di iPad
Apple tidak akan lagi menyediakan kartu SIM untuk digunakan di iPad selulernya (foto: Brett Jordan / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Apple tidak akan lagi menyediakan kartu SIM untuk digunakan di iPad selulernya, dan diklaim akan digantikan dengan teknologi anyarnya, eSIM.

Pengumuman itu disampaikan perusahaan dalam dokumen dukungan yang diperbarui pada 1 Oktober 2022. Sebagai gantinya, pengguna dapat mengatur data seluler dengan eSIM atau menghubungi operator mereka.

Dikutip dari MacRumors, Apple SIM diperkenalkan pada 2014  dan dirancang agar pengguna iPad dapat mengaktifkan paket data seluler dari beberapa operator di seluruh dunia.

Awalnya, Apple SIM adalah kartu nano-SIM fisik, tetapi tertanam di dalam model iPad Pro yang lebih baru. Apple SIM mirip dengan teknologi eSIM modern, tetapi dengan dukungan operator yang lebih terbatas.

Kini iPad merupakan salah satu jajaran tablet terlaris di dunia dan memiliki berbagai opsi konektivitas. Semua iPad dilengkapi dengan dukungan untuk konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth, menambahkan dukungan untuk berbagi file AirDrop yang cepat dari Apple.

Namun, bagi pengguna yang ingin menggunakan iPad mereka saat bepergian, Apple menawarkan model seluler dengan biaya tambahan.

Dengan model itu, iPad dapat dihubungkan ke paket seluler hanya data untuk mengakses internet tanpa koneksi Wi-Fi yang stabil.

Kartu Apple SIM fisik disertakan dengan model iPad seluler, seperti iPad Air 2, iPad mini 3, iPad mini 4, iPad Pro 12,9 inci generasi pertama, iPad 5, iPad 6.

Sementara, SIM Apple tertanam disertakan dengan model iPad seluler iPad Pro 9,7 inci, iPad Pro 10,5 inci, iPad Pro 12,9 inci generasi kedua.

Keputusan tersebut merupakan bagian dari tren yang lebih luas. Apple telah beralih ke eSIM dalam beberapa tahun terakhir, dan melangkah lebih jauh dengan membunuh slot SIM di iPhone 14 dan 14 Pro versi AS.

Kemampuan eSIM juga telah mengubah cara SIM ditetapkan ke perangkat. Hadirnya teknologi eSIM ini menghemat biaya dan ruang termasuk slot fisik, serta didukung lebih luas daripada Apple SIM.