Bagikan:

JAKARTA – Selama acara Let Loose digelar pada Selasa, 7 Mei, Apple memamerkan peningkatan di jajaran iPad terbarunya. Satu hal yang tidak disadari, Apple telah membuang slot untuk memasukkan kartu SIM.

Situs web resmi Apple menambahkan beberapa informasi penting yang tidak dijelaskan di siaran langsung Apple Event. Salah satu informasi yang ditambahkan menjelaskan tentang perubahan dalam menggunakan SIM di kedua model iPad.

Apple telah menghilangkan slot kartu SIM di iPad Pro dengan chipset M4 dan iPad Air 6. Perusahaan itu sudah tidak mendukung penggunaan SIM fisik dan mendorong para pengguna iPad terbarunya untuk beralih ke elektronik SIM (e-SIM).

Ini merupakan kali pertama Apple menyingkirkan slot kartu SIM di jajaran iPad. Tidak dijelaskan kenapa Apple menghilang slot SIM dari perangkat terbarunya, tetapi Apple telah melakukan hal yang sama di iPhone sejak beberapa tahun lalu.

iPhone 14 merupakan model pertama yang kehilangan slot kartu SIM, tetapi perubahan ini hanya berlaku di AS. Berbeda dengan iPad Pro M4 dan iPad Air 6, situs ritel Apple mencatat bahwa iPad akan tanpa slot kartu SIM akan diperluas ke Kanada.

Penggunaan e-SIM memang semakin populer selama beberapa tahun terakhir, tetapi masih banyak perangkat yang menyediakan slot kartu SIM. Berbeda dengan Apple yang benar-benar mendorong penggunanya untuk beralih ke e-SIM.

Penggunaan e-SIM ini mungkin akan merepotkan para pengguna yang gemar beralih device dan memindahkan nomor mereka. Jika Anda sering memindahkan kartu SIM, Anda tidak perlu khawatir karena Apple belum menerapkan perubahannya di Indonesia.