Bagikan:

JAKARTA - Apple mulai beranjak dari konektor lightning andalannya ke kabel USB-C melalui peluncuran seri iPhone 15 pada Apple Event 2023.

Meski dianggap lebih efisien karena mayoritas gawai sudah menggunakan USB-C, Apple tampaknya belum siap dengan peluncuran kabel USB-C di seri iPhone 15 kali ini.

Kemampuan lightning dalam melakukan transfer sendiri memang diketahui lebih rendah, yakni hanya 480 Mbps dibandingkan dengan USB-C yang sudah bisa melakukan transfer hingga 40 Gbps.

Namun, peralihan Apple kepada USB-C tak benar-benar merubah pengimplementasian dari transfer data itu sendiri. Dalam hightlight tiap seri iPhone 15 di laman Apple, terlihat dengan jelas bahwa transfer data pada iPhone 15 dan iPhone 15 Plus masih dibatasi.

Kedua seri terbaru iPhone itu dibatasi pada kecepatan USB 2.0 (480 Mbps) yang serupa dengan transfer data menggunakan konektor Lightning.

Sementara itu, perubahan besar terlihat pada iPhone 15 Pro dan Pro Max yang telah mendukung transfer data USB 3 hingga 10 Gbps, dua puluh kali lipat lebih cepat dari dua seri lainnya.

Apple sendiri tidak menyertakan kabel dengan kemampuan USB 3 pada seri Pro sehingga pengguna tetap menggunakan kecepatan USB 2 jika menggunakan kabel pengisi daya USB-C yang disertakan saat produksi.

Dengan kendala tersebut pengguna perlu membeli kabel sendiri. Namun, pembelian kabel yang tepat juga bisa menjadi kendala karena tidak ada kabel USB-C dua sisi pada laman resmi pembelian.

Jika ingin menemukan kabel USB-C dua sisi, pembeli harus melihat laman pembelian bagian iPad atau Mac dengan opsi satu dan dua meter. Sayangnya, kedua kabel ini pun memiliki besaran watt yang berbeda.

Melihat pada pemaksimalan konektivitas kabel USB-C, tentu iPhone seri Pro menjadi pilihan terbaik. Meski demikian, iPhone seri 15 belum didistribusikan sepenuhnya sehingga belum ada opsi lebih banyak mengenai perangkat pendukung USB-C ini.