Bagikan:

JAKARTA - Apple memperkenalkan MacBook dengan model terbaru dalam Apple Event 2023 beberapa waktu lalu. Model terbaru ini adalah MacBook Air berukuran 13 inci dan 15 inci.

Dari dua model MacBook yang diluncurkan kali ini, Apple hendak memperkenalkan terobosan baru mereka lewat MacBook Air 15 inci pertama sejak pertama kali memproduksi MacBook Air.

Dengan menggunakan layar Retina yang begitu tipis, Apple mengklaim kenyamanan penggunaan dalam MacBook Air 15 inci ini. MacBook ini pun menggunakan Chip M2 yang diunggulkan dengan sistem pada satu chip (SoC).

SoC sendiri menggabungkan CPU 8-inti, GPU 10-inti, beserta memori agar sistem berjalan lebih cepat dan tak membutuhkan daya yang besar, bahkan jauh lebih sedikit.

Selain itu, MacBook Air 15 inci juga menggunakan Neural Engine 16 yang mampu menjalankan 15,8 triliun operasi per detik karena memiliki memori hingga 24 GB dan bandwith memori sebesar 100 GB/detik.

Wakil Presiden Senior Bidang Teknik Perangkat Keras Apple John Ternus pun mengklaim bahwa MacBook Air 15 inci merupakan laptop dengan ukuran 15 inci terbaik di dunia.

“Dari layar Liquid Retina yang luas dan desain yang sangat tipis dan tanpa kipas hingga daya tahan baterai yang luar biasa dan sistem suara enam speaker yang imersif, MacBook Air baru memiliki semuanya,” kata John dalam siaran resmi.

Sesuai dengan pernyatannya, Apple meyakini bahwa MacBook Air 15 inci bekerja dua kali lebih cepat dari laptop 15 inci yang menggunakan prosesor Core i7. Bahkan daya tahan MacBook pun lebih baik dua kali lipat hingga 18 jam.

Selain 15 inci, Apple juga merilis MacBook Air 13 inci dengan spesifikasi serupa. MacBook Air 13 inci dijual mulai dari harga 999 dolar AS (Rp15,3 juta), sementara MacBook Air 15 inci dibanderol mulai harga 1.199 dolar AS (Rp18,4 juta). 

Di pasar komputer jinjing sendiri terdapat beberapa produk yang pantas untuk bersaing dengan MacBook Air 15. Pesaing MacBook 15 yang dapat Anda pertimbangkan termasuk:

  • Dell XPS 15: Laptop premium dengan desain yang elegan, layar OLED yang menakjubkan, dan performa yang kuat.

  • HP Spectre x360 15: Laptop konvertibel dengan layar sentuh 4K, daya tahan baterai yang baik, dan desain yang ramping.

  • Microsoft Surface Laptop 4: Laptop Windows dengan layar PixelSense yang tajam, kinerja yang solid, dan desain yang menawan.

  • Lenovo ThinkPad X1 Carbon: Laptop bisnis yang ringan, tahan lama, dan dilengkapi dengan keyboard ThinkPad yang terkenal.

  • Asus ROG Zephyrus G14: Laptop gaming dengan layar 14 inci yang sangat cepat, prosesor AMD Ryzen yang kuat, dan desain yang kompak.

  • Acer Predator Helios 300: Laptop gaming yang memiliki harga terjangkau dengan kinerja yang kuat.

  • LG Gram 17: Laptop ultra-ringan dengan layar 17 inci yang cocok untuk produktivitas dan portabilitas.

  • MSI GS66 Stealth: Laptop gaming tipis dengan performa grafis yang luar biasa dan tampilan yang mengesankan.

  • Razer Blade 15: Laptop gaming premium dengan desain yang elegan dan performa yang sangat baik.

  • Asus ZenBook Pro Duo: Laptop inovatif dengan layar utama OLED dan layar kedua yang disebut ScreenPad Plus untuk produktivitas ekstra.

Pilihan terbaik akan tergantung pada kebutuhan Anda, apakah itu untuk produktivitas, gaming, atau penggunaan sehari-hari. Pastikan untuk mempertimbangkan spesifikasi dan fitur yang sesuai dengan preferensi Anda.