Cek Model MacBook Air Terbaru, Laptop yang Diklaim Terbaik di Dunia!
Apple perkenalkan model MacBook Air 15 keluaran terbaru dengan chip M2 (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA – Tak hanya merilis seri terbaru dari iPhone, Apple juga meluncurkan model baru dari MacBook yang dipamerkan dalam Apple Event 2023 pada 12 September 2023.

Dua model terbaru dari MacBook yang Apple luncurkan adalah MacBook Air dengan dua ukuran yang berbeda, yakni 13 inci dan 15 inci. Keduanya menggunakan bahan alumunium yang bisa didaur ulang.

Kedua MacBook ini menggunakan layar Liquid Retina yang membuat layar tetap tipis meski ukurannya cukup besar hingga 15 inci. Keduanya pun telah menggunakan chip M2.

Chip yang dipamerkan lebih baik dari M1 ini diklaim memiliki kecepatan tertinggi karena terobosan sistem pada satu chip (SoC) yang menggabungkan CPU 8-inti, GPU 10-inti, memori, dan lainnya.

Dengan penggunaan SoC, MacBook Air 15 dan 13 inci ini mampu bekerja lebih cepat dengan daya lebih sedikit sehingga penggunanya bisa menjalankan beberapa aplikasi tanpa kendala.

Model ini menggunakan Neural Engine 16 yang mampu menjalankan 15,8 triliun operasi per detik karena memiliki memori hingga 24 GB dan bandwith memori sebesar 100 GB/detik.

Apple sendiri sangat membanggakan model terbaru dari MacBook Air ini, khususnya pada model 15 inci. Menurut Wakil Presiden Senior Bidang Teknik Perangkat Keras Apple, John Ternus, MacBook ini adalah keluaran terbaik.

“Dengan kinerja yang luar biasa dan desain yang mencolok, MacBook Air baru adalah laptop 15 inci terbaik di dunia. Dan itu hanya mungkin dengan silikon Apple,” kata John dalam siaran resmi.

Tak sampai di situ, John juga meyakini bahwa MacBook Air yang dikembangkan kali ini memiliki seluruh hal yang diinginkan penggunanya, yakni layar Retina yang begitu tipis dan tanpa kipas.

MacBook Air  memiliki daya tahan baterai yang luar biasa hingga 18 jam, dua kali lipat lebih cepat dari laptop 15 inci yang menggunakan prosesor Core i7.

MacBook Air 13 inci dijual mulai dari harga 999 dolar AS (Rp15,3 juta), sementara MacBook Air 15 inci dibanderol mulai harga 1.199 dolar AS (Rp18,4 juta).