MacBook Pro M1 dan MacBook Air M1, Sudah Bisa Dibeli di Indonesia
MacBook Pro M1 dan MacBook Air M1 (Apple)

Bagikan:

JAKARTA - iBox Indonesia selaku distributor resmi Apple akhirnya secara resmi merilis laptop Apple terbaru yang ditenagai oleh chipset M1. Kedua laptop ini adalah MacBook Air M1 dan MacBook Pro M1.

Chipset M1 buatan Apple yang menjadi dapur pacu MacBook Pro dan MacBook Air ini dibuat melalui teknologi pemrosesan fabrikasi 5nm. Chipsetnya itu juga dipadukan dengan RAM 16GB dan penyimpanan internal SSD hingga 2TB.

MacBook Pro M1

MacBook Pro M1 (Apple)

MacBook Pro M1 hadir dengan layar True Tone Full HD berukuran 13,3 inci dengan dukungan tingkat kecerahan 500 nits dan warna P3. Layarnya juga didukung dengan kamera HD untuk kebutuhan Face Time dan dilengkapi dengan tiga mikrofon.

Dari segi performa, laptop tersebut ditenagai oleh chipset M1 yang mampu menghadirkan CPU 2,8 lebih cepat, kecepatan grafis meningkat hingga lima kali lipat, dan Neural Engine melalui teknologi pembelajaran mesin 11 kali lebih cepat.

Teknologi pembelajaran mesin dalam Neural Engine yang memiliki enam belas inti mampu meningkatkan pekerjaan yang berkaitan dengan pengeditan foto dan video lebih profesional.

Dengan konfigurasi performa di atas, baterai laptop MacBook Pro M1 diklaim bisa bertahan hingga 20 jam penggunaan. Laptop ini menggunakan tampilan baru melalui MacOS Big Sur.

MacOS Big Sur menawarkan peningkatan keamanan dan privasi kepada pengguna MacBook Pro M1 lebih baik serta kecepatan respon terkait aktivitas menjelajah foto, dokumen hingga Safari.

Sementara fitur-fitur lainnya yang ada di MacBook Pro M1 ini adalah Touch ID, Apple TV, App Store, kata sandi untuk membuka dokumen, Wi-Fi 6, dan dua port Thunderbolt yang memiliki kecepatan bandwith 40Gbps.

MacBook Air M1

MacBook Air M1 (Apple)

 

Tak jauh berbeda dengan varian Pro, MacBook Air M1 juga hadir dengan layar berukuran 13,3 inci Retina dengan resolusi Full HD serta dukungan warna P3.

Soal spesifikasinya, MacBook Air M1 ini membawa performa yang lebih bertenaga dan efisien dibandingkan dengan laptop lain pada umumnya berkat hadirnya CPU, GPU, DRAM, dan Neural Engine yang ada di dalamnya.

Selain itu, chipset tersebut juga dipasangkan dengan RAM 16GB dan penyimpanan SSD hingga 2TB. Apple mengklaim CPU mampu bekerja hingga 3,5 kali lebih cepat, GPU 5 kali lebih cepat, dan Neural Engine yang mengandalkan pembelajaran mesin 9 kali lebih cepat.

Dengan konfigurasi tersebut, baterainya dipercaya dapat bertahan hingga 18 jam penggunaan dan mesinnya pun bekerja lebih senyap untuk suhu yang lebih stabil.

Mengenai antarmuka terbarunya, sama seperti MacBook Pro M1, MacBook Air M1 juga punya tampilan antarmuka terbaru, yakni MacOS Big Sur dengan tampilan dan aplikasi yang baru, fitur privasi dan keamanan yang lebih ditingkatkan, dan lainnya.

Fitur lainnya yang tersedia di MacBook Air M1 antara lain kamera HD untuk panggilan video, Touch ID, Wi-Fi 6, dan dua port Thunderbolt.

Harga 

Di Indonesia, MacBook Pro M1 dijual di harga Rp25.099.000 sedangkan MacBook Air M1 dibanderol harga 16.999.000.