Hasil Benchmark MacBook Terbaru dengan Chipset M1
MacBook Air baru dengan Chipset M1 (dok. Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple baru saja memperkenalkan perangkat terbarunya MacBook Air, MacBook Pro dan Mac Mini yang ditopang dengan chipset terbaru mereka Apple Silicon M1. Berdasarkan hasil benchmark untuk keseluruhan perangkat pun muncul di situs Geekbench.

Dari benchmark itu, menunjukkan chipset M1, yang dimiliki oleh ‌MacBook Air‌ dengan RAM 8GB, menghasilkan skor single-core 1.687 dan skor multi-core 7.433. Chipset M1 juga memiliki frekuensi dasar 3,2GHz.

Jika dibandingkan dengan perangkat yang ada, chipset M1 di ‌MacBook Air‌ mengungguli semua perangkat iOS. Sebagai perbandingan, iPhone 12 Pro memperoleh skor single-core 1.584 dan skor multi-core 3.898, sebagaimana dirangkum dari The Next Web.

Namun, jika dibandingkan dengan Mac generasi sebelumnya, kinerja single core maupun multi-core M1 tercatat lebih baik dan mengalahkan semua model MacBook Pro 16 inci keluaran 2019. Termasuk model Mac yang menggunakan Intel Core i9 2,4 GHz generasi ke-10 kelas atas.

Di mana hasil pengujian single-core mendapatkan angka 1.118 dan multi-core di kisaran 6.762. Sedangkan MacBook Pro 17,1 dengan chipset M1 itu memperoleh skor single-core 1.714 dan skor multi-core 6.802.

Meskipun chipset M1 mengungguli model MacBook Pro 16 inci dalam hal benchmark CPU mentah, MacBook Pro 16 inci kemungkinan menawarkan kinerja yang lebih baik di area lain seperti GPU karena model tersebut memiliki GPU terpisah berdaya tinggi.

Sebagai catatan, meski sama-sama menggunakan chipset M1, tetapi kemungkinan ada beberapa perbedaan kinerja antara MacBook Pro dan ‌MacBook Air, karena ‌MacBook Air‌ memiliki desain tanpa kipas dan MacBook Pro memiliki sistem pendingin baru yang dirancang Apple.

Terakhir, ada pula benchmark untuk Mac Mini, tetapi memiliki skor yang hampir sama. ‌Mac Mini‌ dengan chipset M1 memperoleh skor inti tunggal 1682 dan skor multi-inti 7097.