Asyik! Pengguna Macbook Sekarang Bisa Pakai Photoshop Tanpa Emulator
Photoshop bisa digunakan di MacBook (All MacBook World)

Bagikan:

JAKARTA - Adobe Photoshop sebelumnya dirancang hanya untuk perangkat komputer dengan menggunakan prosesor Intel saja (x86). Kini perangkat lunak untuk mengelola gambar itu bisa digunakan di perangkat MacBook tanpa perlu menjalankan emulator Rosetta 2.

Belum lama ini, Adobe mengabarkan bahwa Photoshop teranyar dapat dijalankan secara native pada perangkat komputer Mac yang menggunakan chip M1. Hadirnya versi terbaru Adobe Photoshop ini memudahkan pengguna MacBook.

Di sisi lain, hadirnya chip M1 pada perangkat MacBook juga diklaim bisa memberikan peningkatan kinerja Photoshop sebesar 1,5 persen lebih kencang ketimbang “sistem dari generasi sebelumnya dengan konfigurasi serupa.” Misalnya membukan atau menyimpan file, Select Subject, dan menerapkan sejumlah filter, akan berjalan dengan lancar.

“Benchmark awal kami juga menunjukkan bahwa beberapa operasi dapat dijalankan lebih cepat dengan chip baru ini (M1),” kata Pam Clark selaku Vice President Photoshop Adobe dalam sebuah tulisan di blog resminya, Senin, 15 Maret.

Meski demikian, perusahaan belum mengkonfirmasi lebih detail terkait Adobe. Besar kemungkinan perangkat Mac yang dimaksud merupakan keluaran tahun 2019 yang masih menggunakan prosesor Intel dan belum menggunakan M1 buatan Apple sendiri, sebagaimana yang dilansir dari MacRumors.

Walaupun sudah bisa dijalankan tanpa menggunakan emulator, sampai saat ini ternyata masih ada sejumlah fitur yang belum bisa dijalankan lewat M1, yaitu filter Shake Reduction dan Preset Sync.

Pada 2020 lalu, Apple telah mluncurkan perangkat komputer MacBook yang sudah dibekali dengan chip M1. 3 Perangkat komputer yang dibekali dengan chip terbaru M1 itu meliputi MacBook Air M1, MacBook Pro M1, dan Mac Mini.