Bagikan:

JAKARTA - Adobe Photoshop kini hadir dengan versi online yang lebih sederhana. Mulai Rabu, 27 September, Photoshop sudah bisa digunakan dalam bentuk website.

Dikutip dari The Verge, Adobe Photoshop memiliki alat yang sama persis dengan versi desktop terbaru, yaitu Generative Fill dan Generative Expand. Photoshop juga didukung dengan kemampuan Kecerdasan Buatan (AI) generatif Firefly.

Dengan penambahan AI generatif ini, pengguna Photoshop bisa menambahkan, menghapus, atau memperluas gambar menggunakan deskripsi berbasis teks dengan lebih dari 100 bahasa.

Meski alat-alat yang dihadirkan hampir setara dengan desktop, tampilan pada website ini cukup berbeda. Photoshop versi website sengaja didesain ulang agar pengguna baru merasa lebih efisien dan tidak sulit menggunakannya.

Sementara itu, ada beberapa fitur penting yang belum tersedia saat ini. Namun, pihak Adobe mengatakan, fitur seperti patch tool, pen tool, smart object support, dan lainnya akan segera ditambahkan.

Menariknya, versi website dari Photoshop bisa mengundang orang lain untuk berkolaborasi seperti Canva. Selain itu, pengguna yang diundang bisa melihat dan meninggalkan komentar di dalam file.

Layanan Photoshop berbasis web ini tidak tersedia secara gratis. Namun, paket ini menjadi satu dengan paket berbayar Photoshop yang dihargai mulai dari 9,99 dolar AS (Rp153 ribu) per bulan.