Bagikan:

JAKARTA - Adobe telah menambahkan banyak fitur berbasis AI ke aplikasinya, dan kini ada lebih banyak lagi yang akan datang. Kali ini, perusahaan mengumumkan pembaruan untuk dua perangkat lunak populernya, Illustrator dan Photoshop, dengan cara baru untuk membuat dan mengedit menggunakan kecerdasan buatan.

Menurut Adobe, fitur baru ini akan membantu "mempercepat alur kerja kreatif sehari-hari dan memberikan lebih banyak kontrol kepada para kreator." 9to5Mac mengaku sempat melihat demo fitur-fitur baru ini secara langsung.

Untuk Illustrator, Adobe menghadirkan Generative Shape Fill, yang memungkinkan pengguna menerapkan vektor terperinci ke bentuk hanya dengan memasukkan perintah teks di Contextual Taskbar.

Pengguna bahkan dapat menggunakan elemen lain dalam dokumen yang sama sebagai dasar untuk mengisi bentuk baru. Semua yang dibuat oleh Generative Shape Fill akan di-vektorisasi sehingga Anda dapat mengedit kontennya.

Fitur baru lainnya adalah Mockup, yang membantu Anda memvisualisasikan hasil akhir dari menempatkan ilustrasi pada objek nyata, seperti pakaian atau kemasan. Dengan sekali klik, Illustrator menganalisis objek dan menerapkan ilustrasi Anda ke objek tersebut sesuai dengan dimensi dan perspektif yang benar.

Ada fitur baru lainnya yang hadir dengan pembaruan ini, seperti kemungkinan mendeteksi jenis huruf dari vektor atau gambar dan dengan mudah mengedit atau menggantinya. Dan dengan Text to Pattern, Anda dapat dengan mudah membuat latar belakang yang sepenuhnya dapat diedit untuk proyek Anda.

Sedangkan untuk Photoshop, aplikasi ini mendapatkan fitur baru seperti Selection Brush Tool dan Adjustment Brush Tool untuk membantu alur kerja yang melibatkan tugas-tugas berulang. Ada juga peningkatan pada Type Tool dan Contextual Taskbar, serta pembaruan ke versi terbaru Adobe Firefly untuk menghasilkan konten menggunakan AI.

Adobe mencatat bahwa mereka tidak melatih AI-nya pada proyek pengguna kecuali pengguna setuju untuk membagikannya di Adobe Stock.