6 Peningkatan Ini Bisa Jadi Daya Tarik di MacBook Air 2022, Chip M2 Paling Menonjol!
Apple hari ini memperkenalkan MacBook Air 2022. (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple hari ini memperkenalkan MacBook Air 2022 yang sepenuhnya didesain ulang dengan ditenagai oleh chip M2 baru, yang membawa terobosan kinerja dan kemampuan lebih dari chip M1.

MacBook Air 2022 membawa semua yang disukai pengguna, dengan desain baru yang sangat tipis dan kinerja yang lebih baik, terpenting, Apple menjanjikan masa pakai baterai hingga 18 jam pada perangkat anyarnya ini.

Namun tentu saja mengingat MacBook Air 2022 ini hadir dengan chipset baru, artinya harga yang ditawarkan juga masih terbilang menguras kantong alias cukup mahal.

Untuk itu sebelum membelinya ada baiknya Anda mengetahui fitur-fitur yang dibawa MacBook Air terbaru ini, berikut VOI jabarkan yang dikutip dari laman resmi Apple, Selasa, 7 Juni.

Chip M2

M2 memulai generasi kedua chip seri M Apple dan memperluas fitur luar biasa dari M1. Dengan efisiensi daya terdepan, arsitektur memori terpadu, dan teknologi khusus, chip baru ini menghadirkan lebih banyak kinerja dan kemampuan untuk notebook Mac paling populer Apple.

Perusahaan mengatakan telah meningkatkan bandwidth memori 50 persen lebih banyak, CPU yang 18 persen lebih cepat dari pada M1, dan GPU yang hingga 35 persen lebih cepat.

Chip M2 juga memiliki Neural Engine 16-inti, yang membuatnya mampu melakukan hingga 15,8 triliun operasi setiap detik. Pengguna juga akan dapat menghubungkan MacBook Air dengan M2 ke layar eksternal 6K.

Ada pula dukungan untuk memori LPDDR5 hingga 24 GB dan penggunaan teknologi 5 nm generasi kedua. Juga termasuk kemampuan untuk menyandikan dan mendekode Apple ProRes.

Layar Liquid Retina 13,6 inci Baru

MacBook Air baru menampilkan layar Liquid Retina 13,6 inci yang cantik, diperluas lebih dekat ke samping dan ke atas di sekitar kamera untuk memberi ruang bagi bilah menu.

Hasilnya adalah tampilan yang lebih besar dengan batas yang jauh lebih tipis, memberi pengguna lebih banyak layar real estat untuk melihat konten mereka dengan detail yang cemerlang.

Pada kecerahan 500 nits, juga 25 persen lebih terang dari sebelumnya. Selain itu, layar baru sekarang mendukung 1 miliar warna, sehingga foto dan film terlihat sangat hidup.

Sistem Audio yang Diperbarui

Laptop ultra-tipis biasanya dirancang dengan banyak komponen kecil yang dimaksudkan untuk membantu memfasilitasi bobotnya yang lebih ringan, lebih ramping, dan sistem audio yang tidak mumpuni.

Namun, hal itu kini tidak terjadi dengan MacBook Air 2022 dengan M2. Apple menyatakan, ia berhasil mengemas empat speaker ke dalam ultrabook Mac terbarunya. Untuk melakukan ini, speaker telah dipasang di layar dan keyboard laptop, hal yang sama juga berlaku untuk susunan tiga mikrofon model, yang membuatnya lebih mudah untuk berpartisipasi dalam panggilan video tanpa harus memasang sepasang AirPod.

Perusahaan mengatakan MacBook Air 2022 barunya memiliki dukungan untuk Dolby Atmos dan Audio Spasial, ditambah perangkat keras dipasangkan dengan algoritme Apple yang terkait dengan teknologi yang disebut beamforming.

Kombinasi fitur, klaim Apple, akan menghasilkan pemisahan stereo yang hebat, dan orang lain harus dapat mendengar pengguna berbicara dengan jelas bahkan ketika menggunakan mikrofon internal mesin alih-alih headset eksternal. Meskipun ini bukan fitur unik, senang mendengar Apple tidak mengorbankan kualitas audio demi menjaga model Air terbarunya tetap tipis.

Kamera FaceTime 1080p

MacBook Air dilengkapi kamera FaceTime HD 1080p baru dengan sensor gambar yang lebih besar dan piksel yang lebih efisien, menghasilkan resolusi dua kali lipat dan kinerja cahaya rendah dari generasi sebelumnya. Dikombinasikan dengan kekuatan pemrosesan prosesor sinyal gambar canggih pada chip M2, pengguna akan terlihat lebih jelas dan jernih dalam panggilan video.

Kualitas Baterai yang Lebih Baik

Apple telah memberikan fokus substansial pada baterai dan sistem pengisian daya MacBook Air 2022, yang menghasilkan hingga 18 jam. Meskipun konsumen mengharapkan MacBook Air terbaru untuk terus menawarkan masa pakai baterai yang lama, agak mengejutkan dan menyenangkan mendengar bahwa model ini akan hadir dengan opsi pengisian daya tambahan. 

Selain menggunakan pengisi daya MagSafe, Apple mengatakan akan merilis adaptor daya kompak 35 watt yang dirancang dengan dua port USB-C. Dengan ini, seseorang dapat mengisi daya MacBook Air dan headphone mereka secara bersamaan.

Selain itu, MacBook Air 2022 akan menjadi yang pertama di baris untuk mendukung pengisian cepat, yang berarti pengguna dapat mengisi ulang baterai hingga 50 persen dalam setengah jam atau lebih. Namun, pengguna harus membeli adaptor pengisian cepat 67 watt opsional.

TouchID Hadir di MacBook Air 2022

Melengkapi fitur-fitur di atas, adalah hadirnya TouchID, yang berarti pengguna akan dapat mengamankan perangkat mereka dan semua kontennya dengan data biometrik (sidik jari).

Meskipun ini adalah fitur yang lebih kecil, mereka meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan dengan memastikan para profesional memiliki semua fasilitas yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan di mana saja.