Kamu Bisa Ganti Baterai MacBook Pro Gratis, Tapi...
Laptop MacBook Pro (9to5Mac)

Bagikan:

JAKARTA - Apple meluncurkan program penggantian baterai untuk MacBook Pro keluaran 2016 dan 2017 yang tidak bisa mengisi ulang daya lebih dari 1 persen. Perusahaan menjelaskan jika masalah ini hanya berdampak pada sebagian kecil produk saja.

Setiap perangkat yang mengalami kerusakaan ini akan mendapat pesan bertuliskan “Service Recommended” ketika mengecek kesehatan baterai.

“Ketika pengecekan mengindikasikan baterai MacBook normal, artinya perangkat Anda tidak terdampak terpengaruh masalah ini,” terang Apple melalui dokumen dukungan produk, Rabu, 10 Februari.

Untuk perangkat yang terpengaruh dan mengalami kerusakan, perusahaan meminta agar pengguna segera menghubungi Apple. Sehingga, pengguna bisa mendapat penggantian baterai gratis.

Nanti, perangkat milik pengguna akan diperiksa terlebih dulu sebelum diperbaiki. Hal itu dilakukan demi memverifikasi apakah perangkat tersebut memenuhi syarat untuk mendapat penggantian baterai gratis.

Selain mengadakan program penggantian baterai, Apple juga sudah meluncurkan pembaruan macOS. Menurut perusahaan, pembaruan tersebut diharapkan mampu mencegah untuk mencegah masalah yang sama dialami lebih banyak perangkat yang diproduksi pada tahun 2016 atau 2017.

Oleh karena itu, Apple pun meminta pengguna agar memperbarui sistem operasi perangkat ke versi macOS BigSur 11.2.1. Atau juga bisa memasang pembaruan tambahan macOS Catalina 10.15.7.

BACA JUGA:


Cara Cek Kesehatan Baterai MacBook Pro

Sebelum pengguna menghubungi Apple, perusahaan meminta agar pengguna mengecek kesehatan baterai perangkat terlebih dulu. Untuk memudahkan, tim VOI sudah buatkan cara mudah cek kesehatan baterai Apple. Begini langkah-langkahnya:

  1. Untuk MacBook Pro yang menjalankan macOS Big Sur, klik menu Apple yang terletak di sisi kiri atas, pilih menu System Preferences, kemudian klik Battery. Selanjutnya, klik Battery yang terletak pada sidebar, kemudian pilih menu Battery Health
  2. Pada MacBook Pro yang sudah menjalankan macOS Catalina atau versi lebih lawas, Anda bisa tekan lalu tahan tombol Option yang terletak pada Keyboard. Kemudian, klik ikon Battery pada kotak Menu untuk mengakses status baterai perangkat.

Daftar Model MacBook Pro yang Dapat Garansi

Apple juga turut membagikan daftar model MacBook Pro yang disinyalir terpengaruh kerusakan ini. Untuk memastikan, pengguna bisa mengecek model MacBook Pro pada perangkat masing-masing. Caranya, cukup klik ikon Apple,  lalu pilih menu About This Mac.

Lebih lengkap, berikut daftar model MacBook Pro yang terpengaruh:

  • MacBook Pro (13­-inch, 2016, Two Thunderbolt 3 Ports)
  • MacBook Pro (13-­inch, 2017, Two Thunderbolt 3 Ports)
  • MacBook Pro (13-­inch, 2016, Four Thunderbolt 3 Ports)
  • MacBook Pro (13-­inch, 2017, Four Thunderbolt 3 Ports)
  • MacBook Pro (15-­inch, 2016)
  • MacBook Pro (15-­inch, 2017)