Apple Bekali Otak Baru MacBook Air dan MacBook Pro 13 inci
Chipset baru Apple Silicon M1 (dok. Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple resmi memperkenalkan chipset M1 yang akan menjadi basis teknologi untuk piranti Mac. Di mana Apple meluncurkan varian Mac Mini, MacBook Air dan MacBook Pro yang ditenagai Chipset M1.

"Ini adalah prosesor 5nm, seperti A14 Bionic yang menjalankan iPhone terbaru, tetapi ini adalah yang pertama dirancang Apple secara khusus untuk Mac," kata SVP Hardware Technologies, Johny Srouji, Rabu dini hari, 11 November.

Peluncuran lini terbaru dari Mac ini digelar dalam event Apple "One More Thing", untuk memperkenalkan M1 sebagai otak baru bagi gawai buatan raksasa Cupertino tersebut. Dengan demikian, Apple kini bisa berdiri di kaki sendiri setelah hampir 15 tahun bergantung pada Intel.

MacBook Air

Bersamaan dengan itu, Apple juga memperkenalkan lini terbaru dari piranti MacBook Air, MacBook Pro dan Mac Mini yang kini ditenagai chipset anyarnya M1 berbasis ARM.

Berbekal chipset Apple M1 di MacBook Air generasi terbaru, Apple menjanjikan performa komputasi tiga kali lebih kencang dari generasi sebelumnya. Tidak hanya itu performa grafisnya pun disebut-sebut 5x lebih cepat.

"Dengan M1 memungkinkan MacBook Air melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak dapat dilakukan pada perangkat yang tipis dan ringan," kata Mac Product Line Manager, Laura Metz, seperti dikutip dari The Verge.

Spesifikasi MacBook Air (dok. Apple)

Tak hanya itu, berbekal chipset M1 dan Mac OS Big Sur, Laura mengklaim jika MacBook Air memiliki konsumsi daya yang lebih hemat. MacBook Air terbaru dijanjikan dapat hidup hingga 18 jam atau 6 jam lebih lama dari generasi sebelumnya.

Apple turut melengkapi MacBook Air dengan sensor pemindai sidik jari atau TouchID. Apple membanderol MacBook Air 999 dolar AS atau sekitar Rp14,1 juta. Khusus pelajar gawai ini akan dibanderol 899 dolar AS atau kisaran Rp12 jutaan.

MacBook Pro 13 inci

Beralih ke MacBook Pro 13 inch, dengan chipset M1 performa dijanjikan 8 kali cepat dibanding pendahulunya. Sementara grafisnya 5 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya.

"Lebih cepat hingga 3 kali dari laptop Windows terlaris di kelasnya. Dapat playback 8K ProRes video di Resolve tanpa menurunkan satu frame pun," papar Product Manager MacBook Pro, Shruti Haldea.

MacBook Pro 13 inci (dok. Apple)

MacBook Pro hadir dalam bentangan layar 13,3 inch Retina Display dengan resolusi 2.560 x 1.600 pixel. Apple turut membekalinya dengan tingkat kecerahan 500 nits, wide color (P3) dan True Tone Technology.

Apple juga memasangkan baterai 58,2 watt-hour lithium-polymer yang diklaim bisa bertahan 17 jam saat berselancar dengan WiFi dan 20 jam menonton serial. Agar baterai cepat terisi, Apple memberikan adapter USB type C 61W.

Dengan berbagai peningkatan performa, Apple akan menjual MacBook Pro seharga 1.299 dolar AS atau sekitar Rp18,3 juta. Pemesanan gawai ini sudah bisa dilakukan di Apple Store pada Rabu, pekan depan.