Apple Kembali Gelar Acara "One More Thing" Pekan Depan
Undangan Apple (dok. Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple kembali mengumumkan akan menggelar acara bertajuk "One More Thing" pada 10 November mendatang. Belum diketahui apa yang akan diperkenalkan Apple dalam acara tersebut, namun rumor paling santer mengatakan jika mereka bakal meluncuran Mac berbasis ARM pertamanya.

Mengutip Ars Technica, Selasa 3 November, gawai Mac kini memang tidak lagi menggunakan chip dari Intel yang telah lama disematkan pada perangkat komputer Apple sejak 2005. Mereka pun telah mengganti chipset di Mac dengan prosessor buatan sendiri yang dijuluki Apple Silicon.

Diketahui, frasa "One More Thing" adalah kata pamungkas yang digunakan mendiang Steve Jobs untuk menekankan satu hal penting dari produk terbaru Apple. Terakhir kali Apple menggunakan ungkapan itu untuk pengumuman iPhone X pada 2017 lalu.

Tidak sedikit yang mengklaim juga bahwa Apple akan memperkenalkan teknologi terbarunya yang berbasis augmented reality (AR). Sebab, hal itu terlihat saat membuka logo Apple yang berada di dalam undangan acara tersebut. Logo itu menunjukkan animasi yang memantul seperti saat membuka tutup salah satu laptop Apple.

Undangan Apple Event (dok. Apple)

Apple sendiri telah mengumumkan rencananya untuk beralih dari prosesor Intel ke CPU Apple Silicon pada Juni lalu saat di gelaran WWDC. Perusahaan menjanjikan bahwa komputer pertama yang menggunakan chip berbasis ARM akan datang pada 2020.

Selain itu, Apple membuat perubahan untuk alasan yang sama seperti peralihannya ke chip Intel pada tahun 2005, di mana mereka menyatakan dapat memperoleh kinerja yang lebih baik dengan konsumsi daya yang lebih rendah dari upaya berbasis ARM miliknya sendiri daripada dengan prosesor Intel.

Sementara ini, Apple dikabarkan akan memulai dengan MacBook untuk komputer Arm awalnya, ambisi perusahaan adalah untuk seluruh jajaran produknya, yakni dari laptop hingga desktop.

Tidak hanya memperkenalkan Mac dengan chipset baru, acara tersebut juga digadang-gadang akan hadir pula macOS 11 Big Sur yang sebelumnya juga telah diumumkan di WWDC dan telah hadir dalam versi beta selama berbulan-bulan.