Bagikan:

 

JAKARTA – Apple meluncurkan MacBook Air 13 dan 15 inci pada akhir tahun lalu. Perangkat baru ini mendukung pengisian daya cepat, tetapi pengisi daya yang dikirimkan oleh Apple tidak mendukung fitur tersebut.

Pengisi daya yang disertakan ke dalam box pembelian memiliki watt yang lebih kecil, yaitu 30W untuk USB-C tunggal dan 35W untuk USB-C port ganda. Oleh karena itu, adaptor yang digunakan harus memiliki watt yang lebih tinggi dan mencapai 70W.

Adaptor daya 70W bisa dibeli dengan harga Rp999.000. Jika harga ini terlalu mahal untuk Anda, masih ada alternatif pengisi daya dari pihak ketiga. Sayangnya, jarang ada pengisi daya pihak ketiga yang mendukung 70W sehingga Anda harus membeli yang 100W.

Namun, besaran watt dari pengisi daya ini tergantung pada perangkat yang Anda gunakan. Jika Anda memakai MacBook Air 15 inci, Anda memerlukan adaptor daya USB-C 70W atau yang lebih besar dan kabel USB-C atau USB-C to MagSafe 3.

Penggunaan Apple Studio Display atau Pro Display XDR yang memiliki kabel Thunderbolt bisa mengisi daya MacBook Air 15 inci dengan cepat. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan monitor eksternal pihak ketiga dengan daya 85W.

Jika Anda menggunakan MacBook Air 13 inci, baik dengan prosesor M2 maupun M3, Anda perlu menggunakan adaptor USB-C 67W atau yang lebih besar. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada baiknya untuk membeli pengisi daya pihak ketiga 100W.

Sama seperti MacBook Air 15 inci, Anda juga bisa mengisi daya dengan cepat menggunakan Apple Studio Display atau Pro Display XDR. Anda hanya perlu memasang kabel Thunderbolt ke MacBook dan memasangkan kabelnya ke Studio Display.