Apple Masih Kasih Garansi untuk MacBook Pro 13 yang <i>Error</i>
Layar MacBook Pro (Photo by UI8 on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Apple diam-diam memperpanjang Program Servis Lampu Latar Belakang (backlight) pada MacBook Pro 13 inci. Garansi servis ini bisa diterima pengguna MacBook yang telah memenuhi syarat tertentu dari Apple.

Salah satunya, jika pengguna bisa menunjukkan struk pembelian asli MacBook dari gerai resmi atau tiga tahun setelahnya. Garansi servis backlight layar Mac ini pertama kali diperkenalkan pada bulan Mei 2019 dan diperuntukan bagi pemilik MacBook Pro 13 Inci keluaran tahun 2016.

Melansir halaman dukungan Apple, beberapa unit dari model tersebut memiliki error dan masalah pada kecerahan lampu latar layar. Contohnya seperti munculnya area terang dalam garis vertikal di sepanjang bagian bawah layar. Selain itu ada pula beberapa lampu latar layar yang sepenuhnya berhenti berfungsi.

Eror pada MacBook Pro 2016 13 inci (MacRumor)

Perusahaan juga menjelaskan jika model yang terpengaruh kerusakan tersebut merupakan produk yang dijual antara bulan Oktober 2016 hingga Februari 2018. Nantinya, perbaikan gratis ini juga meliputi kerusakaan bagian mesir hingga empat tahun setelah peluncuran masing-masing program.

Seperti dicatat MacRumors, Apple baru saja memperbarui rincian dukungan resmi perusahaan pada website Apple.

“Program ini mencakup model MacBook Pro yang memenuhi syarat selama 5 tahun setelah penjualan pertama atau tiga tahun sejak dimulainya program,” tulis Apple  melalui situs resmi perusahaan.

Proses Pengajuan Perbaikan

Setiap pengguna dan pemilik MacBook Pro 13 inci 2016 berhak mendapatkan layanan dari program ini. Baik mode MacBook Pro 13 Inci empat port Thunderbolt 3 atau MacBook Pro 13 inci dua port Thunderbolt 3.

Untuk mengajukan perbaikan, pengguna bisa mengakses halaman Dukungan Apple. Nantinya, MacBook Pro 2016 13 inci bakal diperiksa terlebih dulu untuk memastikan apakah seri tersebut memenuhi syarat dari program tersebut.

Selain itu, pembeli yang sudah membayar untuk perbaikan lampu latar belakang bisa meminta pengembalian dana dengan menghubungi perusahaan.

Sedangkan untuk pengguna yang masih belum yakin apakah produknya masuk ke dalam program tersebut, bisa mengetahuinya dengan mengakses menu Apple pada perangkat Mac. Kemudian, pilih menu About this Mac untuk mendapatkan informasi lebih rinci mengenai perangkat.