Apple <i>Upgrade</i> Tampilan MacBook Pro
MacBook Pro (Photo By Tobias Lystad on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Apple dikabarkan sedang mendesain tampilan baru untuk MacBook Pro. Rencananya desain baru dari MacBook Pro ini akan hadir, pada kuartal ketiga tahun 2021.

Berdasarkan laporan jurnalis Bloomberg Mark Gurman dan analis Ming-chi kuo, Apple berencana untuk menghadirkan desain baru untuk MacBook Pro. Laptop yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2006 ini bakal hadir dalam dua pilihan ukuran layar; 14 inci dan 16 inci.

Seperti diketahui Apple akan menyematkan prosesor ARM terbaru untuk MacBook Pro. Termasuk meningkatkan jumlah core dan bagian grafisnya.

Pada beberapa model, atau semua, Apple bakal meniadakan fitur Touch Bar, yang menurut perusahaan mendapat respon kurang dari pengguna. Di samping itu, perusahaan juga berencana menambahkan lebih banyak port I/O. Sehingga pengguna tidak perlu membeli USB terminal tambahan.

Ilustrasi desain MacBook Pro (9to5Mac)

Akan tetapi, perubahan paling besar adalah kembalinya perusahaan menerapkan MagSafe. Seperti kita tahu, Apple memperkenalkan port USB-C sejak lima tahun lalu pada perangkat MacBook Retina.

Memang, isi ulang daya menggunakan USB-C memiliki kelebihan tersendiri. Salah satunya, memungkinkan pengguna untuk memakai kabel dari pihak ketiga. Akan tetapi, jika pengguna lupa untuk mencopot, bisa meningkatkan potensi kerusakan laptop.

Oleh karena itu, kembalinya Apple menggunakan MagSafe sebagai perangkat isi ulang bakal mengubah itu semua. Bahkan, menurut penelusuran Mark Gurman, perusahaan berencana menambahkan fitur pengisian daya cepat pada MagSage. Plus, MagSafe masih disukai banyak pengguna MacBook –menurut temuan perusahaan.

Apple juga tengah mencari teknologi layar yang lebih cerah serta memiliki kontras tinggi. Ming-chi kuo percaya jika laptop terbaru Apple ini bakal mendapatkan perubahan besar dari segi desain.

“Terutama dengan menambahkan lapisan baru berbentuk persegi pada bagian atas dan bawah perangkat yang digabungkan dengan desain pinggir merata seperti tren yang dimulai pada tahun 2018 oleh iPad Pro lalu diadopsi pada iPhone 12 series,” ungkap Kuo via 9to5Mac, Senin, 18 Januari.

Jika informasi yang disampaikan Kuo dan Gurman benar-benar akurat, artinya tak ada perubahan lagi hingga laptop diluncurkan, pembaruan ini bisa menandai pergeseran filosofi dari desain Macbook saat ini.

Desain iMac (Photo By Pixabay on Pexels)

iMac Juga Dapat Jatah

Gurman mendapati jika perubahan besar tidak hanya diterapkan perusahaan pada MacBook Pro saja. Berdasar penelusurannya, Apple juga tengah melakukan desain ulang besar-besaran pada iMac, desktop komputer unggulan perusahaan.

Gurman menyampaikan jika perusahaan bakal meluncurkan dua model tahun 2021 ini. sayangnya, Gurman luput menyertakan keterangan mendetail terkait waktu peluncurannya.

Baik dari segi desain maupun layar mirip dengan Pro Display XDR. Apple memutuskan untuk tidak lagi mengubah bagian bezell yang dirasa terlalu besar, dagu yang ukurannya berlebih, serta bagian belakang dengan bentuk melengkung.

Sama seperti MacBook Pro barunya, Apple bakal menggunakan prosesor berbasis ARM generasi terkini. Sesuai dengan strategi Apple untuk tidak lagi menggunakan produk Intel.