Ikuti Jejak Apple, Microsoft Bikin Prosesor Berbasis ARM Sendiri
Ilustrasi CPU Arm / Technoeager

Bagikan:

JAKARTA - Raksasa teknologi Microsoft sepertinya akan mengikuti jejak Apple. Kabarnya perusahaan sedang mengembangkan prosesor atau CPU berbasis ARM untuk layanan cloud-nya dan bahkan mungkin perangkat Surface-nya.

Merangkum laporan Bloomberg yang dikutip dari Ars Technica, Sabtu 19 Desember, beberapa prosesor mungkin akan digunakan untuk layanan cloud Azure Microsoft, dan menjajaki kemungkinan yang lain untuk lini Surface PC selulernya.

Saat ini, Microsoft telah menggunakan prosesor berbasis Intel pada Azure dan berbagai lini produknya, meskipun perusahaan masih bermitra dengan AMD dan Qualcomm menyoal chip Surface Laptop 3 dan Surface Pro X.

Diketahui, AMD juga bekerja dengan Microsoft khusus untuk prosesor Ryzen. Jadi, tidak mengherankan mengetahui Redmond akan mengeksplorasi lebih banyak kegunaan chip ARM.

Namun sepertinya, Microsoft akan bersaing dengan Apple. Mengingat, Apple juga perlahan-lahan berpindah dari chip Intel ke ARM.

Belum lama ini, perusahaan asal Cupertino tersebut meluncurkan Apple Silicon M1 berbasis ARM untuk Mac terbarunya. Beberapa orang berpendapat, bahwa prosesor M1 terasa seperti awal dari sesuatu yang baru dan mengesankan. Itu artinya, prosesor berbasis ARM di masa mendatang akan semakin dilirik industri besar.

Namun, Microsoft tidak menanggapi lebih menyoal proyek yang sedang dikerjakannya itu, mereka hanya mengatakan tengah berinvestasi dalam "kemampuannya sendiri" sambil juga membina dan memperkuat kemitraan.