Ini Penyebab Windows Versi ARM Tak Berjalan di Mac Apple
Microsoft membuat sistem operasi Windows 10 dan Windows 11 berjalan pada chip ARM. (foto: Ilustrasi ARM / TechSpot)

Bagikan:

JAKARTA - Sudah sejak lama Microsoft membuat sistem operasi Windows 10 dan Windows 11 berjalan pada chip ARM. Namun perusahaan enggan untuk menjual Windows dengan lisensi ARM kepada siapapun termasuk Apple.

Windows versi ARM sejatinya dapat berjalan pada Raspberry Pi atau di Apple Silicon Mac, tetapi Microsoft sama sekali tidak berniat melakukannya. Belum lama ini, XDA Developers berhasil mendapatkan penyebabnya.

Dalam laporan XDA Developers, hal itu karena Microsoft memiliki kesepakatan eksklusivitas dengan Qualcomm, dan ini yang membuat Microsoft tidak membuat versi ARM Windows tersedia secara umum.

Menurut sumber terdekat yang mengetahui kesepakatan eksklusivitas ini, Qualcomm menahan vendor chip lain untuk bersaing. Tetapi, kesepakatan itu juga dikatakan akan berakhir segera meskipun tidak diketahui pasti kapan terjadi.

Dilansir dari Ars Technica, Rabu, 24 November, dugaan ini muncul beberapa minggu setelah CEO pembuat chip ARM MediaTek, Rick Tsai mengatakan dia pasti berniat untuk menjalankan Windows pada chipnya. Qualcomm, MediaTek, Rockchip, dan lainnya semuanya mengirimkan chip ARM untuk Chromebook, selain chip yang semuanya disediakan untuk perangkat Android.

Sebenarnya kesepakatan ini telah tercium sejak 2016 lalu, di mana saat Microsoft mengumumkan ketersediaan Windows pada ARM dengan kerja sama Qualcomm, dan sejak sistem Windows ARM modern pertama dikirimkan kembali pada akhir tahun 2017, mereka telah didukung secara eksklusif oleh Qualcomm.

Ini termasuk Microsoft SQ1 dan SQ2 Surface Pro X, yang bermerek Microsoft tetapi dikembangkan dalam kemitraan dengan Qualcomm. Kesepakatan eksklusivitas dapat saling menguntungkan pada awalnya, Qualcomm mendapatkan semua kemenangan desain untuk Windows pada sistem ARM selama beberapa tahun, dan Microsoft mendapat kesempatan lain untuk membangun ekosistem untuk versi Windows ARM setelah beberapa kesalahan dimulai.

Namun, seiring waktu, itu juga dapat membatasi variasi sistem Windows-on-ARM atau menahan kinerja karena kurangnya persaingan. Jika Microsoft mengizinkan Windows untuk berjalan di prosesor ARM lainnya, itu bisa membuka pintu ke versi virtual Windows di Apple Silicon Mac.