Alasan Mengapa PC Biasa Lebih Laris Manis Ketimbang Mac untuk Bermain Gim
Mac OS kurang diminati untuk bermain gim dibandingkan PC. (foto: Patrick Ward / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Mac produk milik Apple sering kali digunakan untuk menunjang pekerjaan apa saja, selain gim. Hal itu karena sistem permainan pada Mac M1 agak di bawah standar.

Meskipun Mac tidak pernah menjadi yang terbaik di dunia gim, perangkat ini masih dapat digunakan untuk bermain gim yang menyenangkan dan efektif. Namun, ini tidak berarti Mac dapat menghadirkan pengalaman bermain gim yang lebih baik.

Berikut alasan mengapa Mac tidak bisa menjadi pelopor perangkat untuk bermain gim seperti dikutip dari MakeUsOf, Senin 9 Agustus.

Bermain Gim di Mac Sebelum Hadirnya Chip M1

Mac tidak pernah benar-benar menjadi pemimpin industri dalam gim karena beberapa alasan. Sifat Mac yang modern menghasilkan kemampuan penyesuaian yang tidak memadai, kartu grafis internal yang lebih kecil, arsitektur sistem yang berbeda.

Faktanya, pangsa pasar untuk gamer di perangkat macOS sangat kecil, sebagian besar pengembang bahkan mencoba membuat gim versi Mac asli, yang merupakan alasan lain untuk menginstal Windows di Mac.

Sebagai indikator yang baik dari kurangnya dukungan, saat ini ada sekitar 7.000 gim untuk macOS di Steam, sementara ada lebih dari 20.000 gim Steam untuk Windows.

Untuk itu, banyak yang menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Boot Camp, yang memungkinkan pengguna Mac untuk menginstal dan menjalankan Windows pada partisi terpisah dari hard drive mereka. Tidak hanya itu, ini juga memungkinkan pengguna untuk mengakses ke seluruh perpustakaan gim Windows tanpa masalah.

Ada juga serangkaian alat lain yang tersedia seperti Parallels dan CrossOver, yang terakhir menyediakan sarana untuk menjalankan Windows di Linux, macOS, dan Chrome OS melalui lapisan kompatibilitas Windows sumber terbuka Wine. Ada juga Rosetta, proses penerjemahan bawaan yang memungkinkan beberapa kode Intel (64 bit) dipahami oleh sistemMac M1 baru.

Tidak Sedikit yang Memilih PC Biasa Ketimbang Mac

Banyak yang bertanya mengapa bermain gim di Mac adalah yang kedua setelah PC. Jawabannya, perangkat Mac hampir sulit untuk dikustomisasi. Seiring berjalannya waktu, Apple telah membuat pilihan untuk benar-benar menyolder pada komponen seperti input RAM dan drive SSD pada generasi MacBook yang lebih baru, dari sekitar generasi ke-3 pada tahun 2016 dan seterusnya.

Begitupun dengan kartu grafis pada Mac, tidak ada ruang untuk memodifikasi perangkat agar layak untuk menjalankan aktivitas bermain gim.

Hadirnya Chip M1 Membatasi Semua Akses, Namun...

Karena arsitektur sistem baru dibeli sebagai hasil dari SoC M1, Boot Camp sekarang tidak tersedia untuk pengguna Mac, itu artinya akses sumber utama simulasi dan aksesibilitas Windows telah tiada.

Namun, CrossOver masih dapat berjalan di Mac M1, dengan kinerja yang sangat bagus. Meskipun CrossOver diemulasi untuk menjalankan kode x86-nya melalui Rosetta 2 Apple.

Demikian juga, Parallels menyambut transisi ke chip M1 dengan antusias, dalam blog resminya Parallels mengatakan bahwa tim bersemangat untuk melihat kinerja, efisiensi daya, dan fitur virtualisasi yang dibawa ke Mac dengan chip Apple M1. Parallels juga menggunakan teknologi Rosetta, menjanjikan pengalaman Windows-on-Mac yang fantastis.

Terakhir, teknologi Rosetta 2 Apple adalah emulator yang dirancang untuk membantu transisi antara prosesor Intel dan Apple. Pada dasarnya, Rosetta 2 Apple berfungsi menerjemahkan aplikasi yang dibangun di atas arsitektur Intel menjadi sesuatu yang dapat dipahami dan dijalankan oleh Apple Silicon.

Pada perangkat M1, jika aplikasi atau program hanya berisi kode Intel, macOS akan secara otomatis masuk ke Rosetta, memulai proses terjemahan, dan kemudian meluncurkan program yang diterjemahkan sebagai pengganti aslinya. Bagian terbaiknya adalah setelah terjemahan awal, Mac akan mengingat pekerjaannya sendiri dan langsung meluncurkan program yang diterjemahkan.

Namun, keunggulan alami chip M1 dibandingkan build Mac lainnya adalah ini merupakan perangkat lunak dan perangkat keras yang tepat, bermain gim di M1 bisa menjadi menyenangkan dan lancar seperti yang diharapkan pengguna dari platform lain.

Gim yang Masih Tersedia

Berbagai platform, program, dan emulator ini berarti bahwa pengguna Mac M1 masih memiliki kesempatan untuk bermain gim. Baik itu bermain gim Windows, atau menerjemahkan gim yang dulunya asli dari Mac lama menjadi program baru..

Berikut adalah daftar jumlah gim yang tersedia di Mac yang dikutip dari Apple Gaming Wiki, yakni gim yang kompatibel dengan M1 Rosetta 2: 305, CrossOver Windows: 125 dan Windows: 214. Daftar ini juga memperlihatkan dari jumlah total judul yang tersedia 773 gim, sebanyak 597 di antaranya tersedia di perangkat M1 (tidak termasuk gim iOS/iPadOS).

Meskipun, ini tidak berarti jika dibandingkan dengan 20k+ gim yang tersedia untuk pengguna Windows biasa, gim ini mencakup banyak gim versi klasik dan era baru seperti Assassin's Creed, Call of Duty, Fortnight, FIFA, Grand Theft Auto, Hitman, The Sims, Star Perang, dan banyak lagi.