Apple Memudahkan Pengembang untuk Mengekspor Gim Windows ke Mac
Cyberpunk 2077 gim Windows yang kini bisa dijalankan di MacOS. (foto: twitter @CyberpunkGame)

Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda berharap untuk melihat lebih banyak gim Windows di Mac, maka impian tersebut mungkin akan menjadi kenyataan dalam waktu dekat. Apple telah mengumumkan kabar besar bagi para pengembang gim dalam acara tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) pekan ini.

Apple menciptakan alat baru yang memudahkan dan mempercepat pengalihan gim Windows ke Mac berkat adanya lingkungan yang mirip dengan Proton yang dapat menerjemahkan dan menjalankan gim Windows terbaru dengan DirectX 12 di macOS.

Apple menciptakan Game Porting Toolkit baru yang mirip dengan apa yang Valve lakukan dengan Proton dan Steam Deck. Alat ini didukung oleh kode sumber dari CrossOver, solusi berbasis Wine untuk menjalankan gim Windows di macOS.

Alat ini akan secara instan menerjemahkan gim Windows agar dapat berjalan di macOS, memungkinkan pengembang untuk meluncurkan versi tidak dimodifikasi dari gim Windows di Mac dan melihat seberapa baik kinerjanya sebelum sepenuhnya memporting gim tersebut.

Meskipun beberapa gim seperti Resident Evil Village dan No Man's Sky baru-baru ini telah diporting ke macOS, gaming di Mac selama ini sering menjadi bahan guyonan di antara komunitas gaming PC.

"Game Porting Toolkit baru menyediakan lingkungan emulasi untuk menjalankan gim Windows yang sudah ada dan tidak dimodifikasi, dan Anda dapat menggunakannya untuk dengan cepat memahami penggunaan fitur grafis dan potensi kinerja gim Anda saat berjalan di Mac," jelas Aiswariya Sreenivassan, manajer proyek rekayasa GPU dan grafik di Apple, dalam sesi WWDC awal minggu ini, seperti dikutip The Verge.

Game Porting Toolkit ini bahkan mendukung gim DirectX 12 seperti The Medium, dengan Sreenivassan menunjukkan jalannya gim melalui lapisan terjemahan Apple. Seperti halnya Wine dan Proton yang menggabungkan lapisan perangkat lunak untuk menerjemahkan panggilan API Windows ke Linux, Apple melakukan hal serupa di sini dengan mengonversi panggilan API Windows ini ke API Metal miliknya.

Game Porting Toolkit baru Apple menerjemahkan instruksi x86 berbasis Intel dan API Windows menjadi Apple Silicon. API terkait dengan keyboard, mouse, input pengontrol, pemutaran audio, jaringan, sistem file, dan Direct3D semuanya diterjemahkan menjadi API yang sesuai di macOS.

Hasilnya adalah gim Windows berjalan di macOS tanpa perlu dilakukan porting atau modifikasi. Apple menyatakan bahwa saat ini penggunaannya lebih untuk evaluasi gim sebelum diporting ke macOS, tetapi tidak ada yang menghalangi pengguna macOS untuk menginstal Game Porting Toolkit ini dan mencoba gim-gim tersebut.

Masalah besar yang mungkin muncul adalah bagaimana gim berjalan di lingkungan ini. Sebagian besar gim tidak akan dioptimalkan melalui alat ini dan kemungkinan akan terjadi masalah kinerja dan bug sampai pengembang membuat porting mereka sendiri.

Pengguna Reddit telah berhasil menjalankan Cyberpunk 2077 di MacBook Pro M1, Diablo IV di MacBook Pro M1 Max, dan Hogwarts Legacy di MacBook Pro M2 Max. Hasil awal terlihat menjanjikan meskipun terdapat beberapa keterbatasan kinerja yang jelas, namun juga mungkin terdapat bug potensial saat menjalankan game di Mac dengan cara ini.

CodeWeavers juga telah mengumumkan dukungan DirectX 12 yang sangat dinantikan untuk CrossOver Mac (yang merupakan lapisan kompatibilitas Windows serupa yang sumber kodenya digunakan oleh alat Apple) pada bulan ini. Namun, mereka juga memperingatkan bahwa meskipun ada kemajuan yang mereka capai, "tidak ada kunci ajaib tunggal" yang membuka dukungan DirectX 12 di macOS.

"Untuk menjalankan hanya Diablo II Resurrected, kami harus memperbaiki banyak bug yang melibatkan MoltenVK dan SPIRV-Cross," jelas Meredith Johnson, Product Manager CrossOver, dalam sebuah pos blog. "Kami memperkirakan hal yang sama akan terjadi pada gim DirectX 12 lainnya: kami perlu menambahkan dukungan secara khusus untuk setiap judul gim , dan setiap gim kemungkinan akan melibatkan beberapa bug."

Dengan adanya Game Porting Toolkit Apple yang baru ini, diharapkan pengembang game akan lebih mudah dan cepat dalam menghadirkan game Windows ke platform macOS. Hal ini membuka peluang bagi pengguna Mac untuk dapat menikmati lebih banyak pilihan game yang sebelumnya terbatas. Namun, penting untuk diingat bahwa performa dan kestabilan game dalam lingkungan ini masih perlu diperhatikan, dan optimasi khusus mungkin diperlukan untuk mencapai pengalaman bermain yang optimal di Mac.

Belum ada informasi mengenai kapan Game Porting Toolkit ini akan tersedia untuk para pengembang dan pengguna umum macOS, namun langkah ini menunjukkan upaya Apple untuk meningkatkan pengalaman gaming di platform mereka.