iPhone 13 Bakal Gunakan Sensor <i>Fingerprint in Display</i>
Ilustrasi iPhone (lukgehr/Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Penerus iPhone 12, yakni iPhone 13 yang rencananya akan tiba di akhir tahun 2021 dikabarkan tidak akan datang dengan perubahan besar tetapi akan mengusung fitur baru yaitu pemindai sidik jari di dalam layar sejak Apple telah mulai mengujinya sebagai peningkatan kunci untuk 2021.

Dimulai dengan iPhone X, semua iPhone kecuali iPhone SE (2020) hadir tanpa pembaca sidik jari Touch ID dan menggunakan pengenalan wajah atau Face ID untuk otentikasi biometrik.

Namun, Face ID ternyata menjadi solusi yang kurang praktis di tengah pandemi yang sedang berlangsung saat ini karena teknologinya sering kali gagal membuka kunci layar saat pengguna menggunakan masker.

Jadi, untuk membuka kunci, Anda harus melepas masker terlebih dulu lalu baru masukkan kode keamanan untuk membuka kunci layar iPhone Anda.

Namun, hal itu tak akan menjadi masalah di jajaran iPhone 13 akan datang, karena bakal mengemas sensor pemindai sidik jari di dalam layar, fitur yang sudah ada di smartphone Android dalam beberapa tahun terakhir.

Apple juga tidak akan membuang Face ID tetapi akan menghapus port pengisian daya pada beberapa model iPhone dan menggantinya menjadi pengisian nirkabel.

Selain itu, Apple juga dilaporkan sedang mengerjakan iPhone dengan layar yang dapat dilipat dan telah mengembangkan prototipe layar yanng dapat dilipat untuk pengujian internal.

Layar ini memiliki engsel tak terlihat yang mirip dengan layar lipat Samsung dan salah satunya terbuka dengan ukuran 6,7 inci.

Laporan lainnya juga menyebutkan bahwa Apple sedang mengerjakan dua tablet baru iPad Pro baru dengan prosesor yang lebih cepat dan layar MiniLED, serta iPad level pemula dengan desain yang mirip dengan iPad Air (2019).