Samsung Bakal Produksi Layar LTPO OLED untuk iPhone 13
Panel layar iPhone (Macrumors)

Bagikan:

JAKARTA - Samsung dikabarkan akan menjadi pemasok eksklusif untuk panel layar LTPO OLED untuk Apple. Panel layar itu rencananya akan digunakan untuk iPhone 13 mendatang. 

Dihimpun dari laman GSM Arena, Kamis 7 Januari, panel tersebut akan disematkan pada dua model iPhone 13 Pro dengan refresh rate 120Hz. Diketahui, panel LTPO sendiri diklaim lebih hemat daya daripada panel LTPS.

Keuntungan utamanya menggunakan panel LTPO adalah dapat memiliki kecepatan refresh adaptif tanpa perangkat keras tambahan. Sementara, seri iPhone 13 lainnya akan tetap menggunakan panel LTPS yang lebih lama seperti 60Hz untuk satu tahun lagi.

Tetapi, Apple tidak akan lagi menggunakan panel LTPS di 2022 mendatang, karena Apple akan menggunakan LTPO OLED juga untuk keempat model iPhone 14. Di saat yang sama, LG harus menggunakan LG Display sebagai sumber kedua untuk mengurangi ketergantungan pada Samsung Display.

Namun, hanya Samsung yang memiliki kapasitas untuk memenuhi kuota Apple tahun ini. Produsen asal Korea Selatan itu berencana memproduksi 60.000 lembar per bulan di jalur A3 di Asan.

Sebagai perbandingan, lini LG E6 di Paju hanya dapat mengeluarkan 5.000 lembar per bulan, meskipun berencana untuk memperluasnya menjadi 25.000 sebelum akhir tahun ini.

Meski demikian, panel LTPO membutuhkan waktu lebih lama untuk diproduksi karena teknologinya memerlukan penambahan lapisan oksida. Ini membuat mereka lebih sulit dan lebih mahal juga biaya produksinya.

LTPO akan memungkinkan layar bekerja pada 120 Hz tanpa mematikan baterai. Diketahuo, LTPO OLED dikembangkan oleh Apple dan pertama kali digunakan pada Watch Series 4 (yang dapat menekan layar hingga 1Hz untuk menghemat baterai).

Samsung Galaxy Note 20 Ultra menjadi ponsel pertama yang menggunakan panel LTPO dan rumor mengatakan bahwa seri Galaxy S21 yang akan datang juga menggunakan teknologi tersebut.