Analis Apple: iPad Pro Generasi Baru Akan Gunakan Layar OLED
Apple diperkirakan ganti layar iPad Pro dengan OLED (foto: dok. Apple)

Bagikan:

 

JAKARTA – Apple telah menggunakan layar OLED sejak lama, tetapi hanya di iPhone dan Apple Watch. Kini, kabarnya Apple akan segera menggunakan layar OLED di perangkat iPad Pro mereka.

Meski telah menggunakan layar OLED sejak tahun 2017, Apple tidak pernah mengganti layar LCD di iMac, MacBook, dan iPad. Ada banyak kekurangan dari LCD sehingga pergantian ke layar OLED menjadi kabar yang sangat baik.

Laporan Mark Gurman di Bloomberg mengatakan bahwa Apple akan mengumumkan iPad Pro terbaru dengan layar OLED tahun depan. Belum diketahui waktu tepatnya, tetapi Gurman menegaskan bahwa ada perombakan besar.

Selain membawa layar OLED, iPad Pro generasi terbaru ini akan hadir dengan dua ukuran, yaitu 11 inci dan 13 inci. Namun, informasi mengenai ukuran iPad ini masih kurang jelas meski Gurman mendapatkan informasinya dari sumber yang relevan.

Sementara itu, The Verge mengutip pernyataan Analis Apple Ming-Chi Kuo mengenai rumor iPad Pro OLED. Melalui unggahan Medium, Kuo mengatakan bahwa Apple akan memproduksi dua iPad OLED dengan teknologi Oksid Polikristalin Suhu Rendah (LTPO).

Penggunaan teknologi ini membuat iPad generasi terbaru akan memiliki kecepatan refresh 1Hz hingga 120Hz, mirip dengan kecepatan di Apple Watch dan iPhone terbaru. Kinerja dan konsumsi dayanya diperkirakan akan lebih unggul dari iPad Pro Mini LED.

Perlu dipahami bahwa OLED jelas lebih unggul dari layar LED. Selain pengaruh layarnya yang bisa lebih redup, kontras dan warna abu-abu kehitaman tidak begitu baik di LED. Beberapa orang mungkin tidak terganggu dengan masalah warna, tetapi pengalaman bermain gim akan berbeda.

Dengan menggunakan OLED, layar akan menjadi lebih pekat dan tampilannya akan lebih baik saat menonton atau bermain dengan tampilan yang gelap. Pasalnya, OLED lebih pintar dalam memanfaatkan kontrasnya.