Analis Andal Ungkap Apple Batal Bawa iPad Air OLED Tahun Depan, Ini Alasannya!
Produk iPad Air 5 akan terus membedakan dirinya dari iPad Pro, (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Masih ingat rumor tentang Apple yang akan membawa iPad Air dengan layar OLED? Ternyata, hal itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat maupun di 2022 mendatang.

Diungkapkan analis andal Ming-Chi Kuo, itu karena kekhawatiran Apple tentang kualitas dan biaya yang tidak memenuhi harapan perusahaan. Kini Apple memilih untuk berfokus dalam proses produksi iPad Air dengan layar LCD. Padahal, layar OLED memungkinkan tablet itu tampak lebih nyata.

Hal ini berarti bahwa iPad Air 5 akan terus membedakan dirinya dari iPad Pro, yang datang dengan harga lebih terjangkau berkat layar LCD, seperti dikutip Techradar, Senin, 3 Oktober.

Selain itu, Kuo juga memiliki beberapa informasi lagi untuk dibagikan dalam catatannya kepada investor. Rupanya iPad Pro 11 inci berikutnya masih akan mendapatkan teknologi mini-LED, sama di layarnya yang saat ini tersedia secara eksklusif di iPad Pro 12,9 inci.

Sebagian alasan lain, Kuo menyatakan bahwa Apple telah membatalkan iPad Air‌ OLED-nya adalah karena hal itu mungkin merusak penjualan iPad Pro‌ 11-inci yang akan datang dengan layar mini-LED. Dikatakannya bahwa biaya dan kinerja iPad Air dengan layar OLED tidak sesuai dengan standar Apple.

Namun, Apple tampaknya masih terus mencari teknologi tampilan yang lebih baru untuk semua tablet di lini iPad. Sebuah laporan minggu lalu juga mengungkapkan, Apple dan Samsung telah membatalkan rencana bersama mereka untuk mengembangkan layar OLED untuk iPad Air 10,9 inci yang akan diperbarui.

Saat ini iPad Air diketahui telah menjembatani kesenjangan antara iPad yang lebih murah dan iPad Pro, dan bagi banyak orang itu merupakan pilihan yang baik dalam hal spesifikasi dan desain. Apakah Apple akan dapat mencapai keseimbangan itu lagi pada tahun 2022? Ya, kita masih harus menunggu kepastian ini.