Cara Menggunakan TikTok Shop Fitur Baru yang Bisa Buat Jualan Online
Cara berjualan di tiktok shop (teneighty)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sebagai platform media sosial paling populer di dunia, TikTok terus melakukan pengembangan pada aplikasinya dan menambahkan fitur TikTok Shop, yang memungkinkan penggunanya untuk berjualan dan belanja secara online.

Saat ini, TikTok merupakan platform dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia dengan total unduhan mencapai lebih dari 2 miliar. Hal ini membuat ByteDance sebagai perusahaan yang menaungi TikTok terus melakukan inovasi.

Di TikTok, pengguna dapat menonton dan mengunggah video untuk berinteraksi dengan sesama pengguna lain yang terhubung dengan akun mereka. Meskipun tidak mendapatkan uang dari iklan seperti YouTube, kreator TikTok biasanya mendapatkan penghasilan dari endorsemen atau mempromosikan produk tertentu.

Oleh karenanya, untuk mendukung kreator video TikTok mendapatkan cuan yang lebih besar, media sosial asal China tersebut melakukan inovasi dengan membuat fitur TikTok Shop yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi jual beli barang.

Berbeda dengan Instagram dan Facebook yang memiliki fitur serupa, TikTok menawarkan proses jual beli yang lebih mudah dan simpel. Jika Instagram Shopping dan Facebook Shops lebih mengarahkan pengguna ke situs web toko yang bersangkutan, TikTok Shop, memungkinkan semua transaksi pembelian, chatting dengan penjual, hingga proses pembayaran dilakukan di dalam aplikasi TikTok.

Hal itu pun membuat penjual dan pembeli lebih mudah melakukan transaksi karena tidak perlu beralih ke browser atau aplikasi lain untuk menyelesaikan transaksi yang sudah disepakati.

Cara Berjualan menggunakan TikTok Shop

Adapun cara berjualan di TikTok Shop, seperti dihimpun tim VOI dari berbagai sumber adalah sebagai berikut.

  1. Buka Aplikasi TikTok Shop
  2. Akan muncul pop-up “Become a Seller”, sign up dengan akun TikTok untuk membuka Tiktok Shop. Atau, bisa juga sign up dengan nomor telepon dan email.
  3. Isi beberapa informasi data diri yang dibutuhkan seperti nomor telepon, email, dan data lainnya yang dibutuhkan.
  4. Isi profil TikTok Shop Seller Center sesuai dengan apa Anda inginkan seperti nama toko hingga jenis bisnis yang dijalankan.
  5. Klik "Lanjutkan".

Jika semua data sudah dikonfirmasi, maka Tiktok Shop Seller Center Anda sudah bisa digunakan untuk melakukan penjualan secara online di TikTok Shop. Anda dapat memasarkan produk yang Anda jual kepada seluruh pengguna TikTok.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan penjualan secara streaming supaya dapat berinteraksi secara langsung dengan calon pembeli. Anda pun dapat melakukan tanya jawab dengan calon pembeli mengenai produk yang Anda jual.