7 Aplikasi Keren untuk Musisi Pemula dan Profesional di iPhone
Ilustrasi (Photo by Julien Doclot on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Menjadi seorang musisi jauh lebih dari sekadar memainkan nada pada alat musik. Belajar memilih instrumen yang tepat dan mulai membuat musik dapat menjadi pengalaman yang mengubah hidup banyak orang.
 
Tetapi untuk menciptakan sebuah musik harus didukung dengan peralatan dan perlengkapan yang dapat meningkatkan keterampilan atau merekam lagu Anda. Namun, hal itu membutuhkan sedikit biaya yang tidak sedikit.
 
Eits jangan khawatir, jika Anda pengguna iPhone, ada banyak aplikasi yang dapat menggantikan peralatan musik Anda tanpa mengorbankan kualitas. Simak yuk tujuh aplikasi iPhone untuk calon musisi dan profesional, seperti dikutip VOI dari MakeUsOf, Sabtu, 2 Oktober.
 

1. GarageBand

 
Dengan menghadirkan kekuatan DAW ke iPhone atau iPad Anda, aplikasi ini dibuat untuk pemula dan profesional. Menghadirkan berbagai fitur, GarageBand memiliki sesuatu untuk musisi dari setiap genre. Dari musik elektronik hingga country dan blues, Anda dapat mengubah ide lagu Anda menjadi sesuatu yang siap untuk dibagikan.
 
Garageband memberi Anda pilihan untuk menggunakan instrumen tradisional (virtual) untuk menghasilkan single berikutnya, atau merekam melalui loop drum live. Dengan puluhan ampli dan pedal, Anda bisa mendapatkan kekuatan pedal gitar langsung dari perangkat iOS Anda dan merekam riff. Terdapat pula drum dan efek synth, yang bagus untuk musisi elektronik.
 
Bagi mereka yang ingin melakukan sedikit lebih banyak dengan GarageBand, ada paket suara tambahan, perpustakaan lagu, dan instrumen yang dapat Anda beli untuk menyempurnakan lagu Anda. GarageBand juga mengekspor ke Apple Logic, perangkat lunak produksi populer yang digunakan di studio musik di seluruh dunia.
 

2. Pro Metronome

 
Musisi dari semua tingkat dan genre bisa mendapatkan keuntungan dari Metronome. Aplikasi ini tidak hanya memiliki ketukan metronom tradisional, tetapi juga memiliki opsi untuk gambar sensorik seperti kilatan kamera atau getaran.
 
Mode latihan Pro Metronome memudahkan Anda untuk berlatih tanpa harus meninggalkan instrumen Anda untuk mengubah pengaturan. Anda dapat meningkatkan BPM pada titik tertentu secara otomatis, memungkinkan Anda menjalankan tangga nada atau berlatih lagu lebih cepat setiap hari.
 

3. Reason Compact

 
Aplikasi ini menghadirkan kekuatan perangkat lunak produksi desktop Reason Studios ke perangkat iOS Anda. Dirancang untuk iPad, aplikasi ini memiliki banyak fitur untuk pemula untuk membantu mereka mempelajari dasar-dasar DAW. Tetapi juga memiliki banyak fitur untuk para profesional saat Anda terus menggunakan aplikasi.
 
Ini adalah aplikasi yang bagus untuk siapa saja yang menggunakan Reason sebagai perangkat lunak produksi desktop utama mereka, karena Anda dapat dengan mudah mengekspor suara dari ponsel ke desktop untuk diedit dan disempurnakan nanti. Ini menjadikannya pilihan yang bagus untuk mencatat ide lagu saat Anda bepergian.
 
Reason Studios juga dikenal dengan synth-nya yang terdengar luar biasa, banyak di antaranya disertakan dalam aplikasi seluler. Mereka yang menggunakan keyboard MIDI dan dapat menghubungkannya ke iPhone atau iPad Anda dapat merasakan dukungan keyboard MIDI penuh. Reason Compact juga memberi Anda pilihan untuk berkolaborasi dengan musisi lain secara real-time.
 

4. EGDR808

 
Pernah ingin nge-jam tapi tidak ada drummer di sekitar? Aplikasi EGDR808 memecahkan masalah ini dengan mesin drumnya yang kuat. Dengan sequencer 16 langkah, 12 ritme yang dapat diprogram, dan teknologi pengisian otomatis yang mudah, Anda dapat memulai hanya dalam hitungan menit.
 
Aplikasi ini sangat bagus untuk melatih keterampilan Anda atau menulis lagu. Salah satu fitur terbaiknya adalah Anda dapat terhubung dengan musisi lain menggunakan Ableton Link, sehingga Anda dapat berbagi kreasi atau mendapatkan inspirasi.
 
Suara dari mesin drum ini adalah drum bergaya vintage '80-an dan '90-an, yang membuatnya sempurna untuk pertunjukan langsung dan sesi jam langsung. Namun, ada banyak cara untuk mengedit suara di dalam aplikasi untuk menjadi kreatif dan menghasilkan ketukan baru yang unik.
 

5. Chordify

 
Nah, aplikasi yang satu ini dapay menciptakan sebuah lagu baru dan nge-jam dengan teman menjadi sangat mudah. Chordify adalah database lagu, yang berisi progresi akor untuk berton-ton lagu sekitar 2 jutaan. Saat ini, database memiliki akord untuk gitar, piano, dan ukulele.
 
Bagi mereka yang ingin memperluas keahlian mereka, terdapat perpustakaan konten yang dikuratori dan kemampuan untuk melihat lagu-lagu yang sedang tren. Chordify juga terintegrasi dengan YouTube untuk memungkinkan Anda bermain bersama dengan lagu apa pun yang Anda pilih.
 
Anda juga dapat menyimpan lagu favorit Anda di aplikasi, sehingga tidak perlu kembali dan mencarinya nanti. Mungkin Anda ingin menyimpan semua lagu yang telah Anda pelajari sebelumnya untuk referensi.
 
Grafik animasi juga akan muncul secara eksklusif untuk setiap instrumen. Ini berarti bahwa apa pun yang Anda mainkan, Anda dapat melihat dasar-dasar akord dan di mana jari Anda harus diposisikan. Ini sangat membantu jika Anda belum pernah memainkan akord itu sebelumnya.
 

6. SoundLab

 
Salah satu aplikasi pengeditan paling populer yang tersedia di iPhone, bahkan sebanding dengan yang ada di desktop, SoundLab memiliki banyak fitur untuk memudahkan pencampuran dan penguasaan lagu Anda.
 
Salah satu fitur yang membedakan aplikasi ini adalah penggunaan AI, yang memisahkan vokal dari instrumen di hampir setiap lagu. Fitur ini dipuja oleh musisi elektronik, yang menggunakan fitur tersebut untuk meremix lagu. Artis hip-hop dapat merekam remix mereka sendiri dari ketukan populer tanpa harus melakukan rap di atas vokal sebelumnya.
 
Selain mengedit, SoundLab juga memungkinkan perekaman instan di dalam aplikasi, sehingga Anda dapat merekam dan meremix vokal serta mengimpornya ke aplikasi lain yang Anda gunakan untuk merekam.
 

7. Amuse

 
Sudahkah Anda membuat musik keren di iPhone atau iPad yang menurut Anda siap dirilis? Amuse membuat proses ini mudah. Ini adalah layanan distribusi digital yang menyederhanakan proses pengiriman musik Anda ke Spotify, Apple Music, dan platform streaming populer lainnya.
 
Bahkan aplikasi ini tunduk pada peraturan TikTok dan YouTube, sesuatu yang tidak semua distributor lakukan. Amuse memungkinkan Anda menyimpan 100 persen royalti Anda dan memberikan pembayaran di hari yang sama.
 
Aplikasi Amuse memungkinkan Anda mengunggah lagu dan menyiapkannya untuk didistribusikan dalam hitungan menit. Anda dapat mengunggah single atau album yang tersimpan dari iCloud atau Dropbox, dan mengirimkannya saat bepergian dari perangkat iOS apa pun. Jika Anda memiliki label rekaman sendiri, Anda bahkan dapat membagi royalti.