Bagikan:

JAKARTA - Perencanaan dengan target yang terukur jadi hal penting yang harus dimiliki seorang musisi atau grup musik untuk memulai perjalanannya dalam industri musik. Hal tersebut disampaikan oleh Noor Kamil, manajer dari Pamungkas.

Berdasarkan pengalamannya mengurus Pamungkas, Noor menyebut perlunya seorang musisi memiliki indikator kinerja atau key performance indicators (KPI)

“Gue menyarankan harus punya target, harus ada KPI yang terukur,” kata Noor Kamil dalam acara Bisik Bisik yang diselenggarakan FESMI di Thamrin, Jakarta Pusat baru-baru ini.

“Nggak bisa misalnya mau viral atau misal mau keren. Target kayak gitu nggak bisa,” imbuhnya.

Noor menyarankan untuk memasang target yang dapat dinilai dengan angka yang jelas, seperti jumlah pengikut di media sosial (followers), total pendengar lagu di layanan streaming digital (monthly listeners), dan total pertunjukan yang diikuti selama sebulan.

Namun begitu, target yang dipasang juga harus serealistis mungkin.

“Ya memang kita bikinnya step by step, nggak langsung,” katanya.

Bagi musisi atau grup musik pemula, kata Noor, tidak masalah jika hanya memiliki sedikit penggemar. Namun, Si musisi harus memberikan yang terbaik bagi penggemarnya, agar mereka juga mau mendukung seluruh aktivitas si musisi.

“Kalau sekarang, kayaknya dapat 50 fans, tapi beneran yang loyal fans ya, itu udah okay banget sih,” kata Noor.

“Sekarang kalau ada 50 fans, dia beli merchandise, kaos, CD, kayaknya udah bisa muter duit buat rekaman lagi,” pungkasnya.