Bagikan:

JAKARTA - Pengguna iPhone mungkin menerima pemberitahuan untuk mengunduh pembaruan iOS terbaru, yaitu iOS 17.1.1, yang dirilis oleh raksasa teknologi itu minggu ini. Ada beberapa pembaruan keamanan dan perbaikan bug di sini. Namun, laporan terbaru dari beberapa pengguna menyatakan bahwa pembaruan tersebut merusak daya tahan baterai mereka, dengan adanya laporan pengisian baterai dalam waktu beberapa jam.

Pembaruan ini awalnya dirilis untuk mengatasi bug yang menyebabkan model iPhone 15 rusak setelah mencoba menggunakan pengisian nirkabel di beberapa mobil tertentu. Selain itu, pembaruan ini juga memperbaiki bug lain terkait widget Layar Kunci Cuaca.

Sejumlah pengguna melaporkan bahwa pembaruan iOS 17.1.1 mengakibatkan masalah pada baterai iPhone mereka. Beberapa menyatakan adanya penurunan daya baterai yang cepat setelah menginstal pembaruan tersebut. Meskipun demikian, kemungkinan besar masalah baterai ini bersifat sementara.

Adrian Kingsley-Hughes, seorang peneliti di ZDNet, menjelaskan bahwa menginstal sistem operasi baru pada iPhone memicu berbagai aktivitas latar belakang, mulai dari indeksasi hingga merekalibrasi baterai, yang dapat berlangsung selama berjam-jam atau bahkan beberapa hari. Hal ini tidak hanya mengonsumsi daya baterai, tetapi juga dapat memberikan kesan bahwa baterai terkuras lebih cepat padahal sebenarnya tidak.

Jika pengguna khawatir tentang baterai iPhone mereka setelah beberapa hari menginstal iOS 17.1.1, Kingsley-Hughes menyarankan untuk memeriksa kesehatan baterai dengan mengakses ke Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai. Jika pesan menunjukkan bahwa baterai memiliki "Kemampuan Kinerja Puncak" yang baik, kemungkinan besar ini adalah hal normal atau sebuah bug.