Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah pengguna iPhone baru-baru ini melaporkan penurunan drastis pada masa pakai baterai setelah menginstal pembaruan iOS 18. Beberapa pengguna bahkan mengalami pengurangan daya baterai hingga 20% hingga 30% hanya dalam waktu satu jam setelah pembaruan.

Penurunan baterai ini menyulitkan pengguna untuk dapat menggunakan ponsel sepanjang hari dengan sekali pengisian daya. Situasi ini semakin menjadi kabar buruk bagi pengguna iOS, mengingat hingga kini iPhone masih belum menawarkan kecepatan pengisian daya yang kompetitif dibandingkan dengan banyak ponsel Android di kisaran harga yang sama. Bahkan, banyak pengguna iPhone yang masih harus mengisi daya ponsel mereka semalaman.

Namun, Apple telah memberikan beberapa langkah untuk membantu pengguna mengidentifikasi dan mengatasi penyebab cepat habisnya baterai, yang dapat meningkatkan performa baterai. Bagi pengguna iOS 18 versi beta, penurunan kinerja baterai memang merupakan hal yang biasa terjadi, karena masalah serupa telah dilaporkan oleh penguji beta sebelumnya.

Menurut Apple Support, meskipun pengguna dapat langsung menggunakan iPhone mereka setelah melakukan pembaruan, beberapa proses masih berjalan di latar belakang yang sementara memengaruhi masa pakai baterai dan kinerja termal. Proses ini membuat perangkat mengonsumsi lebih banyak daya hingga semua tugas latar belakang selesai.

Jika Anda mengalami penurunan performa baterai setelah menginstal iOS 18, tidak perlu khawatir. Biasanya, optimalisasi baterai akan stabil setelah beberapa hari seiring sistem menyesuaikan dengan pembaruan baru.

Tips Mengurangi Penggunaan Baterai Berlebih

Meskipun iPhone biasanya akan mengoptimalkan penggunaan baterai seiring waktu, ada beberapa langkah yang dapat diambil pengguna untuk mengurangi konsumsi daya:

  1. Aktifkan Auto-Brightness atau Auto-Lock: Fitur ini membantu menghemat baterai dengan mengurangi kecerahan layar dan mematikan tampilan saat tidak digunakan.
  2. Periksa Izin Aplikasi: Beberapa aplikasi mungkin menggunakan lokasi Anda di latar belakang, yang dapat menguras baterai. Meninjau izin ini dapat membantu mengurangi penggunaan daya yang tidak perlu.
  3. Gunakan Wi-Fi: Saat memungkinkan, sambungkan ke jaringan Wi-Fi, karena konsumsi daya lebih rendah daripada data seluler.
  4. Aktifkan Mode Daya Rendah: Mode Daya Rendah menghemat baterai dengan menonaktifkan fitur-fitur yang tidak penting seperti pembaruan aplikasi di latar belakang dan efek visual.

Untuk memahami penggunaan baterai lebih lanjut, pengguna dapat pergi ke Settings > Battery dan memeriksa grafik Activity dan Battery Usage. Alat ini menunjukkan aplikasi mana yang paling banyak mengonsumsi daya, memungkinkan pengguna melakukan penyesuaian yang diperlukan.