Bagikan:

YOGYAKARTA – Salah satu keluhan yang kerap dikatakan oleh pengguna iPhone adalah baterai yang boros. Persoalan baterai iPhone yang cepat terkuras bukan tanpa sebab, salah satunya adalah kapasitas baterai yang kecil. Namun kapasitas baterai tak bisa disalahkan karena di beberapa kasus daya baterai ponsel iPhone bisa langsung drop. Lalu apa yang membuat iPhone boros baterai dan bagaimana solusinya?

Apa yang Membuat iPhone Boros Baterai?

Sebenarnya ada banyak faktor yang membuat daya baterai iPhone cepat terkuras. Jika Anda ingin daya awet ketahui cara menghemat baterai iPhone dengan mengetahui sebab iPhone boros daya.

  1. Baterai yang Usang

Baterai usang pada iPhone bisa jadi penyebab daya ponsel cepat habis. Hal itu terjadi tidak hanya karena usia baterai namun cara penggunaan yang keliru atau penggunaan charger yang kurang tepat. Untuk memeriksa apakah baterai iPhone masih bagus atau tidak cari tahu baterai health atau kesehatan baterai iPhone. Berikut ini cara cek battery health iPhone.

  • Pengaturan > Baterai, lalu pilih Kesehatan & Pengisian Daya Baterai.

iPhone akan menampilkan informasi kapasitas baterai yang terpasang. Jika presentase rendah segera ganti baterai agar daya tidak mudah habis.

  1. Kurangi Kecerahan Layar

Kecerahan layar memang dibutuhkan untuk membaca grafik atau tulisan yang muncul di LCD iPhone. Namun kecerahan layar yang berlebihan akan berimbas pada daya yang mudah drop. Solusinya Anda bisa mengecilkan atau menyesuaikan kecerahan layar sesuai kebutuhan.

  1. E-mail Push Aktif

Fitur ini berguna untuk memberi informasi dan notifikasi saat ada pesan e-mail masuk. Biasanya fitur ini dimanfaatkan oleh para pekerja. Sayangnya saat fitur ini aktif cukup menguras daya baterai. Disarankan untuk hanya mengaktifkan email push saat jam kerja saja.

  1. Notifikasi Push Aktif

Sama halnya dengan email push, notifikasi yang terus muncul juga membuat baterai cepat habis. Biasanya pengguna tak sadar mengaktifkan notifikasi aplikasi tertentu. Untuk mencegah aplikasi mengirimkan notifikasi terus menerus, saat instal aplikasi akan muncul konfirmasi pilihan ‘App Would Like To Send You Push Notifications’. Saat mendapati pilihan tersebut pilih “Don't'Allow”. Namun jika aplikasi yang diunduh penting, pengguna bisa klik “Allow”.

  1. Layanan Lokasi Aktif di Banyak Aplikasi

Layanan lokasi pada dasarnya berguna untuk meningkatkan akurasi aplikasi saat bekerja. Layanan ini biasanya ada di aplikasi berbasis maps seperti aplikasi ojek online, dan sebagainya. Sayangnya ada pula aplikasi yang mengaktifkan layanan lokasi padahal mereka tak terlalu membutuhkannya sehingga berdampak pada baterai iPhone. Solusinya hanya mematikan layanan tersebut dengan cara berikut ini.

  • Masuk pengaturan > Privacy > Location Services
  • Setelah itu Klik ‘Share My Location’ tanpa mematikan toggle-nya
  • Atur pula pe-nonaktifan pada aplikasi yang tak butuh informasi lokasi seperti Instagram, dan sebagainya
  • Klik ‘Layanan Sistem’
  • Matikan semua toggle namun disarankan untuk tak mematikan Emergency SOS dan Find My iPhone, atau lokasi yang memang penting bagi fitur khusus
  1. Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Aplikasi tetap bekerja di latar belakang ponsel jika tak ditutup sehingga berdampak pada borosnya baterai iPhone. Cara mematikan aplikasi di latar belakang adalah sebagai berikut.

  • Klik dua kali home button atau pengguna bisa menggeser bagian tengah bawah ke arah atas
  • Swipe aplikasi yang tak dipakai untuk menutupnya
  1. Widget

Bisa dikatakan bahwa widget adalah aplikasi kecil yang bekerja di belakang layar saat diunduh, termasuk ketika tak dipakai sehingga berimbas pada penggunaan baterai. Oleh karenanya usahakan untuk hapus widget dan gunakan yang perlu-perlu saja.

  1. Video Wallpaper

Fitur yang menarik dari iPhone adalah dapat menjadikan video jadi wallpaper. Sayangnya aplikasi tersebut dengan cepat menghisap daya baterai karena Gpu ponsel terus bekerja ekstra. Disarnakan untuk menggunakan wallpaper foto atau image.

  1. Sinyal yang Sulit

Keberadaan sinyal yang lemah atau sulit terdeteksi juga berdampak pada baterai yang boros. Pasalnya, ponsel akan bekerja keras mendeteksi sinyal sehingga seluruh fitur dapat kembali ke layanan normal seperti sedia kala. Jika Anda sedang berada di area sulit sinyal dan tak ingin baterai cepat habis disarankan untuk mematikan data atau mengaktifkan mode pesawat.

  1. Cuaca Terlampau Ekstrem

Cuaca baik yang terlalu dingin atau panas juga berdampak pada kinerja baterai. Daya bisa cepat terkuras. Kondisi ini bisa terjadi saat Anda mendaki gunung dan tiba-tiba ponsel Anda kehabisan daya saat sampai di puncak. Untuk menghindari masalah tersebut cobalah buat ponsel berada di tempat dengan suhu ruang yang aman.

  1. Bug OS

Sistem operasi pada iPhone yang bermasalah juga membuat baterai cepat habis. Kasus ini pernah terjadi saat update iOS 16.4 muncul. Banyak pengguna mengeluhkan bahwa baterai lebih boros setelah menginstal iOS 16.4.

Disarankan pula kepada pengguna untuk memilih iPhone dengan seri baterai awet. Simak urutan iPhone dengan kapasitas baterai terbesar dan terawet sebagai bahan pertimbangan pembelian ponsel Apple.

Itulah jawaban atas apa yang membuat iPhone boros baterai. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.