Bagikan:

JAKARTA - Beberapa hari lalu Apple resmi merilis pembaruan iOS 16.4 secara global untuk semua penggunanya. Tapi sayangnya, banyak pengguna yang mengeluh adanya bug setelah memperbarui perangkat mereka. 

Beberapa hari terakhir, pengguna mengeluhkan kinerja perangkatnya di Twitter. Mereka mengatakan bahwa sejak menginstal iOS 16.4, baterai ponsel mereka menjadi lebih boros. 

Selain itu, mengutip DailyMail, beberapa pengguna juga mengatakan perangkat mereka sekarang menjadi panas, dan yang lainnya menambahkan bahwa ponsel mereka gagal terhubung ke Siri. 

iOS 16.4 dirilis oleh Apple hanya dua hari yang lalu dalam upaya untuk memperbaiki bug dan meningkatkan keamanan pada perangkat iPhone 8 dan model yang lebih baru.

Itu juga memperkenalkan 21 emoji baru  termasuk hati dengan warna berbeda, lebih banyak emoji hewan dan juga alat musik. 

Menanggapi keluhan masa pakai baterai ini, Dukungan Apple terlihat mengundang beberapa pengguna yang terpengaruh ke diskusi Twitter pribadi. "Kami ingin membantu masalah yang Anda alami dengan baterai di iPhone Anda."

Apple meminta pengguna untuk menjelaskan keluhannya melalui pesan langsung atau DM, untuk dapat dibantu menyelesaikan masalah tersebut. 

"Tolong temui kami di DM dengan detail lebih lanjut mengenai apa yang secara khusus berubah setelah pembaruan iOS 16.4," tulis Apple. 

Meski demikian, Apple belum secara resmi memperbaiki masalah pemakaian baterai yang lebih boros tersebut. Namun, Apple menyarankan agar pengguna bisa memaksimalkan masa pakai baterai dengan mengikuti sejumlah tips.

Salah satunya adalah menjauhkan perangkat Anda dari suhu ekstrem yang lebih tinggi dari 35°C yang dapat menurunkan masa pakai baterai secara permanen.

Penggunaan casing tertentu juga harus dilepas saat mengisi daya perangkat jika menghasilkan panas berlebih, untuk menghindari pematian perangkat yang tidak terduga.