Ragam Cara Mengatasi Face ID iPhone tidak Berfungsi, Mudah dan tidak Ribet!
Ilustrasi fitur Face ID iPhone (Foto: Apple)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Face ID iPhone adalah teknologi pengenalan wajah untuk keperluan identifikasi dan verifikasi data. Berkat teknologi ini, pengguna dapat membuka kunci iPhone, mengautentikasi pembelian, masuk ke app, dan sebagainya secara aman, hanya dengan melihat sekilas.

Kendati fitur ini memiliki banyak manfaat, tak sedikit pengguna iPhone yang mengalami masalah ketika akan menggunakan Face ID. Biasanya, masalah yang sering muncul adalah sistem pengenalan wajah tidak bisa digunakan untuk mengonfirmasi identitas dan membuka perangkat iPhone.

Bila hal ini terjadi, apa yang harus dilakukan? Dikutip dari laman Support Apple, berikut cara mengatasi Face ID iPhone tidak berfungsi.

Cara Mengatasi Face ID iPhone tidak Berfungsi

Berdasarkan petunjuk yang diberikan Apple, bila fitur Face ID pada iPhone tidak berfungsi dengan baik, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini untuk membuatnya normal kembali:

  • Restart atau mulai ulang iPhone: Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi Face ID iPhone yang tidak berfungsi adalah me-restart iPhone. Berikutnya, tunggu proses tersebut hingga beberapa detik dan nyalakan kembali. Bila sudah menyala, seharusnya fitur Face ID bisa digunakan. Akan tetapi, jika fitur tersebut masih belum berfungsi, maka Anda perlu mencoba melakukan langkah selanjutnya.
  • Update ke versi terbaru: Salah satu penyebab Face ID tidak berfungsi adalah pengguna belum melakukan update ke versi terbaru. Coba cek kembali apakah Anda sudah melakukan pembaruan atau belum. Jika belum, maka sebaiknya Anda segera melakukan pembaruan.
  • Cek pengaturan Face ID: Cara mengatasi Face ID tidak berfungsi yang berikutnya adalah memeriksa pengaturan. Caranya yakni buka menu Pengaturan atau Setting, kemudian pilih Face ID dan kode sandi. Pastikan bahwa fitur tersebut sudah diatur dengan benar dan fitur yang Anda gunakan dengan Face ID sudah dinyalakan.
  • Pastikan tidak ada yang menutupi kamera TrueDepth: Fitur Face ID tidak berfungsi juga bisa disebabkan oleh sesuatu yang menutupi kamera TrueDepht. Untuk mengatasinya, singkirkan apapun yang menghalangi kamera, seperti casing, kotoran, atau pelindung layar. Bila kamera TrueDepht terhalang, akan ada notifikasi di bagian atas layar yang menyatakan “kamera tertutu”.
  • Buka penutup wajah: Menggunakan masker bisa membuat sistem pengenalan wajah tidak berfungsi. Agar fitur Face ID bisa melakukan identifikasi dan verifikasi data, pastikan wajah Anda terlihat sepenuhnya oleh kamera TrueDepth.
  • Pastikan wajah menghadap kamera: Fitur Face ID iPhone tidak berfungsi bisa karena wajah Anda tidak menghadap kamera TrueDepth. Oleh sebab itu, usahakan orientasi potret Anda dalam posisi menghadap kamera.
  • Setting ulang Face ID: Tips terakhir untuk mengatasi Face ID tidak berfungsi yakni mengatur ulang Face ID. Caranya, buka pengaturan, pilih Face ID dan kode sandi, lalu klik atur ulang Face ID. Selanjutnya, daftarkan kembali wajah untuk settingan wajah terbaru agar fitur Face ID dapat mengenali Anda.

Demikian informasi tentang cara mengatasi Face ID iPhone tidak Berfungsi. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.