Buka Kunci iPhone Anda Saat Mengenakan Masker Menggunakan Face ID, Begini Caranya
Hari-hari melepas masker untuk membuka kunci ponsel atau menggunakan Apple Pay telah berlalu (Foto: Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Di masa sekarang, saat Anda sedang berada di tempat umum yang mengharuskan Anda menggunakan masker mungkin sangat sulit menggunakan ID Wajah (Face ID) untuk membuka iPhone Anda. Bisa saja Anda mengetikan kode sandi Anda untuk membukanya.

Namun, berkat iOS 15.4, Anda akhirnya dapat menggunakan ID Wajah dan tetap menggunakan masker. Selama Anda memiliki iPhone 12 atau lebih baru yang menjalankan iOS 15.4, Anda sekarang dapat masuk ke pengaturan ponsel Anda dan mengaktifkan fitur baru.

Fitur ini menggunakan fitur di sekitar mata Anda untuk mengautentikasi bahwa itu benar-benar Anda sehingga Anda akhirnya dapat menggunakan ID Wajah sambil memakai masker.

Namun, jika Anda memiliki model iPhone lama atau tidak ingin memperbarui ke iOS 15.4 dulu, ada cara lain untuk membuka kunci iPhone Anda dengan masker menggunakan Apple Watch Anda. Melansir Cnet, beberapa cara ini patut Anda coba.

Cara menggunakan ID Wajah dengan masker

Fitur baru ini eksklusif untuk iOS 15.4 dan hanya tersedia di iPhone 12‌‌, 12 Mini, 12 Pro dan 12 Pro Max serta iPhone 13, 13 Mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max. Setelah memperbarui, Anda akan melihat opsi untuk menggunakan ID Wajah dengan masker selama layar pembuka. Anda juga dapat melakukan hal berikut untuk mengaktifkan fitur baru.

1. Di iPhone Anda, buka aplikasi Pengaturan.

2. Selanjutnya, masuk ke Face ID & Passcode dan masukkan kode sandi Anda.

3. Aktifkan ID Wajah Dengan Masker

4. Pada halaman berikutnya, pilih opsi Use Face ID With a Mask.

5. Terakhir, lepaskan topeng Anda, jika Anda memilikinya, dan atur ID Wajah.

Meskipun memindai seluruh wajah Anda, fitur Use Face ID With a Mask menekankan pada otentikasi fitur unik di sekitar mata Anda. Setelah itu diatur, Anda akan dapat membuka kunci iPhone Anda saat menggunakan masker.

Cara menggunakan Apple Watch untuk membuka kunci iPhone

Jika Anda tidak memiliki iOS 15.4 atau iPhone 12 atau 13, Anda masih dapat membuka kunci iPhone dengan topeng saat menggunakan Apple Watch. Agar ini berfungsi, Anda harus menjalankan iOS 14.5 atau lebih baru dan WatchOS 7.4 atau lebih baru. Untuk mengatur fitur:

1. Buka aplikasi Pengaturan di iPhone Anda.

2. Pilih ID Wajah & Kode Sandi dan masukkan kode sandi Anda.

3. Gulir ke bawah ke Buka Kunci dengan Apple Watch, temukan Apple Watch Anda dan aktifkan fitur tersebut.

Sekarang saat Anda mengenakan penutup wajah, yang harus Anda lakukan adalah mengangkat ponsel seperti biasanya untuk membuka kuncinya dengan ID Wajah. Anda akan merasakan ketukan haptic di pergelangan tangan Anda, memberitahu Anda bahwa jam tangan Anda digunakan untuk membuka kunci ponsel Anda.