<i>Update</i> MacOS Big Sur Sudah Bisa Diunduh
Update MacOS Big Sur (dok. Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Bersamaan dengan MacBook anyar yang menggunakan chipset M1 Apple Silicon. Apple juga mengumumkan bahwa sistem operasi baru MacOS Big Sur sudah bisa diunduh untuk pembaruan perangkat Mac secara gratis di App Store.

Apple mengklaim MacOS Big Sur menjadi sistem operasi desktop tercanggih di dunia. Update MacOS versi 11.01 ini sudah digulirkan sejak 12 November dini hari tadi, dan sama seperti sebelumnya, pembaruan macOS Big Sur dikirim lewat Over The Air (OTA).

“Rasakan Mac sepenuhnya dengan desain baru yang disempurnakan. Nikmati pembaruan Safari terbesar yang pernah ada. Temukan fitur baru untuk Peta dan Pesan. Dan dapatkan lebih banyak transparansi seputar privasi Anda,” tulis Apple dalam keterangan resminya, Jumat, 13 November.

Sejatinya MacOS Big Sur pertama kali diperkenalkan di ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020 yang berlangsung Juni lalu. Pembaruan ini akan mulai diterima semua gawai Mac, seperti MacBook Air, MacBook Pro, iMac, iMac Pro, Mac Mini dan Mac Pro. 

Pembaruan MacOS Big Sur (dok. Apple)

Secara tampilan, Apple membawa desain baru untuk berbagai aplikasi di MacOS Big Sur. Sehingga memudahkan untuk fokus pada konten pengguna dan mengambil tindakan dengan toolbars yang hemat ruang dan bilah sisi yang tampil penuh.

Tampilan bilah menu juga diperbarui dengan menampilkan jarak yang lebih lebar dan materi tembus pandang baru, sehingga menjadi lebih hidup saat pengguna berinteraksi dengannya. Suara sistem yang diperbarui termasuk lonceng booting dan suara untuk mentransfer file, memindahkan item ke sampah, mengunci file, dan banyak lagi.

Pusat Kontrol menempatkan menu dan kontrol favorit di satu tempat praktis di bilah menu sehingga Anda dapat menyesuaikan pengaturan dengan cepat saat bekerja.

Notification Center (Pusat Pemberitahuan) yang diperbarui menyatukan pemberitahuan dan widget dalam satu tampilan, kemudian widget cantik dan kaya data baru untuk Kalender, Jam, Catatan, Foto, Podcast, Pengingat, Durasi Layar, Saham, dan Cuaca.

Percakapan yang dipasangi pin mempertahankan hingga sembilan utas favorit pengguna di bagian atas daftar, dan Mentions memungkinkan pengguna mengarahkan pesan ke seseorang dalam percakapan grup.

Navigasi Maps baru pada MacOS Big Sur menawarkan rekomendasi tempat untuk dikunjungi dan aktivitas, yang dikurasi oleh merek tepercaya pilihan. Petunjuk arah bersepeda membantu pengguna menemukan rute ramah pesepeda, dan juga ada perutean kendaraan listrik yang membantu merencanakan perjalanan untuk kendaraan yang bisa diakses dari iPhone.