Bagikan:

JAKARTA – Sebagai browser yang paling banyak digunakan di ponsel dan komputer, Google Chrome terus mendapatkan peningkatan. Browser ini bahkan mulai menghadirkan fitur berbasis Kecerdasan Buatan (AI).

Dengan banyaknya fitur canggih yang Google luncurkan selama beberapa waktu terakhir, sejumlah perangkat mungkin akan kesulitan dalam menjalankan browser ini. Oleh karena, Google mulai menghentikan dukungan Chrome di sistem yang sudah lama.

Saat Chrome versi 129 dirilis, browser ini sudah tidak bisa beroperasi di macOS 10.15 Catalina. Jika pengguna Mac ingin tetap menggunakan Chrome, mereka harus menggunakan macOS 11 atau yang lebih baru.

Perubahan ini mulai terjadi pada 17 September sehingga Chrome terakhir yang bisa digunakan macOS Catalina adalah versi 128. Perlu diketahui bahwa macOS ini sudah berusia lima tahun dan telah mencapai akhir dari masa pakainya (EoL) pada dua tahun lalu.

Sistem operasi (OS) ini bahkan sudah tidak mendapatkan patch keamanan terbaru atau dukungan lainnya dari Apple. Maka dari itu, tidak heran jika Google memutuskan untuk mengakhiri dukungan Chrome di Mac dengan OS ini.

Meski dukungannya sudah dihentikan, Chrome masih bisa berjalan di macOS Catalina selama beberapa tahun ke depan. Namun, pengguna tidak akan melihat pembaruan atau peningkatan setelah 17 September.

Pengguna juga tidak bisa memperbarui Chrome mereka karena notifikasi terkait versi terbaru tidak akan muncul. Jika pengguna ingin memperbarui macOS ke versi Big Sur, buka menu Software Update di System Preference dan lihat apakah perangkatnya mendukung.