Bagikan:

JAKARTA – Belum lama ini, Google Chrome meluncurkan fitur Dengarkan Halaman Ini di perangkat Android. Fitur ini akan membacakan isi dari halaman web sehingga pengguna hanya perlu mendengarkan audionya.

Fitur ini bisa dikontrol jika bilah di bagian bawah layar diketuk. Pengguna bisa melewati atau mempercepat audio selama sepuluh detik, mengatur kecepatan audionya, atau mengubah jenis suaranya. Selama audio diputar, kata yang diucapkan akan di-highlight.

Pembaruan Chrome yang ditemukan oleh akun Leopeva64 di platform X, dikutip dari Android Police, mengungkapkan bahwa fitur highlight atau sorotan ini akan mendapatkan pembaruan yang sangat berguna dalam mempercepat pemutaran audio.

Fungsi baru ini disebut Ketuk untuk Mencari. Saat Dengarkan Halaman Ini sedang diaktifkan, pengguna bisa melihat highlight yang sedang berjalan dan disesuaikan dengan audio. Pengguna bisa mengabaikan highlight tersebut dan mengeklik teks apa pun.

Saat teks diklik, audio akan langsung berpindah ke bagian teks tersebut. Pengetukan teks ini berlaku untuk judul dan isi artikel yang sedang dibaca. Fungsi Ketuk untuk Mencari tidak berlaku untuk teks dalam bentuk tautan.

Peningkatan fitur ini sudah terlihat sejak 30 Juli lalu di changelog aplikasi untuk perangkat Android. Fitur ini belum dirilis dalam versi stabil sehingga pengguna perlu menunggu hingga fiturnya dirilis di Chrome versi Canary.

Sejauh ini, fitur Ketuk untuk Mencari belum terlihat di Chrome untuk perangkat iOS. Jika fitur ini sudah tersedia di Chrome, pengguna hanya bisa menggunakan fiturnya saat melihat artikel berbahasa Inggris karena fitur Highlights dan Auto Scroll tidak mendukung seluruh bahasa.