Apple Bikin Prosesor 32 Core untuk Macbook
Chipset baru Apple Silicon M1 (dok. Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple tampaknya belum puas dengan perkembangan lini prosesor terbarunya. Kini mereka dikabarkan sedang menggarap prosesor ARM baru yang punya 32 core untuk perangkat Mac dengan spesifikasi High-End Desktop (HEDT).

Selain itu, Apple juga disebut tengah mendesain CPU yang punya 16 core kencang dan 4 core hemat daya, yang ditujukan untuk MacBook Pro dan iMac baru. Prosesor ini kemungkinan bakal hadir di awal 2021 mendatang.

Apple Silicon yang baru juga akan memiliki Graphics Processing Unit (GPU) dengan jumlah core lebih banyak dibanding chipset M1. Bahkan Apple disebut akan menguji GPU dengan 16, 32, dan memungkinkan hingga 128 core. 

Besar kemungkinan, Apple Silicon akan menghadirkan chipset CPU dan GPU yang lebih kencang dari model terdahulunya. Mengingat performa M1 yang punya 4 core saja, sudah lebih dari cukup.

Tentunya dengan perkembangan Apple Silicon, raksasa asal Cupertino itu memang ingin menantang kans Intel, AMD dan NVIDIA. Apalagi Apple sudah merilis beberapa produk Mac dengan chipset M1 yang memiliki performa kencang dan hemat daya. 

Meski demikian, saat ini belum diketahui kapan Apple akan mulai mengumumkan kehadiran chipset baru mereka. Terlebih masa transisi prosesor Intel ke Apple Silicon masih akan berlangsung selama dua tahun ke depan. Demikian dikutip dari Wccftech, Selasa 8 Desember.