Simak! Apple Akan Merilis iPhone 15 dan Produk Terbaru dalam Acara pada 12 September
Acara peluncuran produk baru Apple, diberi nama "Wonderlust." (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple akan menggelar acara besar-besaran pada 12 September 2023 untuk mengumumkan iPhone 15, Apple Watch terbaru, dan produk lainnya. Berikut adalah informasi mengenai kapan dan bagaimana Anda dapat menonton acara tersebut, serta perkiraan pengumuman produk baru dari Apple.

Kapan Acara iPhone 15?

Acara iPhone 15 akan berlangsung pada 12 September 2023, pukul 1PM ET (12.00 AM WIB). Seperti yang terlihat pada undangan yang dikirim oleh Apple, acara tersebut diberi nama "Wonderlust." Acara ini akan diselenggarakan secara langsung di Apple Park, Cupertino, California.

Cara Menonton Acara iPhone 15 Apple

Seperti acara-acara sebelumnya, Apple kemungkinan akan menyiarkan acara iPhone 15 melalui situs webnya dan saluran YouTube. Anda juga dapat menontonnya melalui siaran langsung.

iPhone 15 dengan Port USB-C

Salah satu perubahan terbesar yang akan datang pada lini iPhone tahun ini adalah penambahan port USB-C. Untuk pertama kalinya, iPhone 15 diperkirakan akan dilengkapi dengan port yang banyak digunakan ini, bukan konektor Lightning milik Apple. Ini tidak mengejutkan, karena Apple telah mengkonfirmasi tahun lalu bahwa mereka akan melakukan perubahan ke USB-C untuk mematuhi regulasi baru Uni Eropa yang akan datang.

Meskipun laporan menunjukkan bahwa semua model iPhone 15 akan memiliki port USB-C, analis Apple, Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa hanya Pro dan Pro Max yang akan mendapatkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi.

Menurut Kuo, kedua model premium ini akan dilengkapi dengan setidaknya USB 3.2 atau Thunderbolt 3, sedangkan iPhone 15 dan 15 Plus dasar akan mendukung USB 2.0. Namun demikian, semua model iPhone 15 seharusnya memiliki kecepatan pengisian yang lebih cepat, yaitu 35W, berkat perubahan ini.

Perubahan Lain pada iPhone 15 dan Apple Watch Terbaru

Apple juga diperkirakan akan mengumumkan pembaruan pada lini Apple Watch dan AirPods Pro. Ini termasuk Apple Watch Series 9 dengan prosesor S9 yang diperbarui dan AirPods Pro dengan casing pengisian berbasis USB-C. Rumor lain melaporkan bahwa Apple juga akan merilis sepasang AirPods yang lebih murah seharga 99 dolar AS (Rp1,5 juta).

Tentu saja, kita juga dapat mengharapkan informasi lebih lanjut tentang sistem operasi baru, seperti iOS 17 dan watchOS 10, serta macOS Sonoma. Namun, peluncuran iPadOS 17 dan macOS Sonoma mungkin akan tertunda hingga musim gugur nanti, mengikuti pola peluncuran baru-baru ini oleh Apple.

Ada Yang Lain?

Selain itu, ada beberapa produk Apple lainnya yang sedang dalam pengembangan dan mungkin tidak akan muncul dalam acara iPhone 15 ini. Ini termasuk beberapa Mac baru dan iPad yang kemungkinan akan diumumkan dalam acara Oktober yang biasanya diadakan oleh Apple.

Semua mata masih tertuju pada Apple Vision Pro seharga 3.499 dolar AS (Rp53,y7 juta) yang rencananya akan dirilis pada awal tahun depan. Kita kemungkinan akan melihat beberapa pembaruan dalam bulan-bulan menjelang peluncurannya.