Bagikan:

JAKARTA - Toko Steam dan klien desktop akan segera dapat membantu pemain untuk menemukan gim yang mendukung pengontrol DualSense atau DualShock.

Dalam sebuah postingan pembaruan untuk pengembang, Valve mengumumkan bahwa fitur tersebut akan diluncurkan di toko Steam dan aplikasi desktop mulai bulan Oktober mendatang. 

Peluncuran fitur ini didasari dengan banyaknya pemain yang setidaknya pernah satu kali menggunakan pengontrol, baik Xbox atau PlayStation untuk bermain. 

"Sejak tahun 2017, Steam telah melihat lebih dari 87 Juta pengguna bermain setidaknya sekali menggunakan pengontrol. Namun baru-baru ini kami melihat pertumbuhan terbesar di kalangan pemain yang menggunakan berbagai jenis pengontrol PlayStation," tulis perusahaan. 

Valve menyebutkan, pada tahun 2018, pengontrol PlayStation mencakup sekitar 11 persen sesi pengontrol. Kini kita melihat 27 persen sesi pengontrol dimainkan dengan pengontrol PlayStation.

"Jadi, jika gim Anda mendukung salah satu perangkat ini, kini Anda dapat memasukkan informasi tersebut di bagian 'edit store' Steamworks untuk aplikasi Anda," tambah perusahaan. 

Nantinya di Steamworks, pengembang akan melihat kuesioner dukungan pengontrol baru, untuk lebih menjelaskan dengan detail tentang perangkat apa saja yang didukung oleh gim tersebut. 

Jika gim Anda dapat dimainkan dengan baik dengan DualShock atau DualSense Controller (masing-masing PS4 dan PS5), Anda kini dapat menentukan informasi tersebut dalam Steamworks.

"Ini adalah langkah pertama untuk membantu pemain menemukan gim yang mendukung pengontrol video game PC yang paling umum digunakan. Mulai bulan Oktober, kami akan menampilkan informasi ini kepada pemain di toko Steam dan klien desktop Steam," tutup Valve.