Apple Tak Sengaja Bocorkan Adaptor Pengisi Daya USB-C yang Bisa Digunakan Dua Perangkat Sekaligus
Ilustrasi Photo Adaptor Auguras Pipiras / Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Apple dikabarkan secara tidak sengaja mengunggah dokumen dukungan langsung untuk pengisi daya 35W dengan dua port, diduga ditenagai oleh teknologi galium nitrida (GaN) yang mungkin juga membuatnya memiliki ukuran lebih kecil.

Sebelum dokumen itu ditarik kembali oleh perusahaan, 9to5Mac berhasil mengambil tangkapan layar dari produk aksesori tersebut yang diberi nama 35W Dual USB-C Port Power Adapter.

Belum jelas kapan Apple berencana untuk merilis aksesori ini, atau hanya sekadar prototipe saja. Namun, dokumen dukungan menjelaskan bahwa aksesori itu memang ada.

Kemungkinan besar ini merupakan pengisi daya berbasis GaN sekitar 30W yang ditweet oleh analis Ming-Chi Kuo pada bulan lalu, yang diklaim akan memiliki desain faktor bentuk baru dan tiba pada 2022.

Melansir The Verge, Sabtu, 9 April, meski masih menjadi teka-teki, tetapi jika aksesori ini hadir di pasaran maka konsumen dapat mengisi daya cepat iPhone 13 Pro Max dan Apple Watch secara bersamaan dengan tingkat daya tersebut.

Bahkan M1 MacBook Air bisa dibarengi dengan Apple Watch, iPad atau sepasang iPhone, serta iPad Pro dan iPhone dengan kecepatan lebih lambat.

Tak sampai di situ, dengan mengadopsi teknologi GaN dapat membantu Apple merampingkan jajaran pengisian dayanya dan membuatnya lebih fleksibel dengan desain port ganda, kinerja yang lebih cepat, dan banyak lagi. Pengisi daya GaN biasanya lebih kecil dari pengisi daya non-GaN juga.

Diketahui, ini bukanlah pengisi daya GaN pertama Apple, tetapi perusahaan sebelumnya juga memilili adaptor daya 140W yang dikirimkan bersama MacBook Pro 16 inci baru.

Tetapi ini akan menjadi charger dual-port pertama yang pernah dibuat Apple dan tentunya yang pertama dengan type USB-C.

Apple sebelumnya membawa pengisi daya Belkin yang memiliki satu port USB-C dan pengisi daya 32W dengan port USB-C dan USB-A, tetapi bukan pengisi daya dual-USB-C Belkin seperti dokumen yang terungkap.