Meta Berencana Bikin Token Kripto, Bakal Senasib Libra?
Meta bakal bikin token kripto baru. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Raksasa media sosial Meta dikabarkan berencana menjadikan token kripto sebagai bagian dari model bisnisnya. Kendati sebelum rebranding jadi Meta,  induk perusahaan milik Mark Zuckerberg itu sudah pernah membuat mata uang kripto sendiri bernama Libra, kemudian diganti jadi Diem.

Cryptocurrency milik Facebook tersebut tidak berlanjut hingga saat ini. Meski begitu, Financial Times melaporkan bahwa Meta sedang berupaya menciptakan aset digital untuk dijadikan sebagai mata uang untuk metaverse yang akan datang karena popularitas produk andalannya, Facebook dan Instagram, terus menurun.

Daily Hodl melaporkan sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan bahwa secara internal, karyawan Meta telah menjuluki token metaverse perusahaan sebagai “Zuck Bucks,” dinamai CEO Mark Zuckerberg. Namun, sumber mencatat bahwa tidak ada yang resmi, dan gagasan itu dapat didorong kembali atau dibatalkan kapan saja.

Laporan tersebut juga mengemukakan rencana Meta sebagaimana yang dilakukan Reddit, perusahaan sedang mempertimbangkan untuk membuat token sosial, atau koin reputasi berbasis komunitas yang digunakan untuk menghargai kontribusi ke grup tertentu. Selain itu, Meta juga dapat mengeluarkan koin pencipta atau token yang terkait dengan influencer individu di platform media sosial berbasis foto Instagram.

Nantinya token milik Meta ini akan diserahkan kepada komunitas untuk tata kelolanya dan supaya tetap terkendali. Selain itu, Zuckerberg juga memaparkan bahwa Meta akan merambah bisnis NFT. Namun hingga saat ini belum ada rincian yang lebih detail mengenai rencana tersebut.

Zuckerberg sendiri menyatakan bahwa fitur itu akan memungkinkan pengguna untuk membawa NFT yang sudah ada ke Instagram. Dia juga menambahkan platform berbagi foto itu bisa digunakan untuk mencetak NFT.

Baru-baru ini, Meta mengumumkan pihaknya mendaftarkan delapan aplikasi merek dagang baru yang terkait dengan teknologi Web 3.0, seperti iklan metaverse berbasis virtual reality (VR), perlengkapan augmented reality (AR), dan platform kencan sosial online dengan subdivisi khusus untuk investor kripto.