Klaim Sebagai Desain Terbaik Stablecoin, Diem Sanggah Terhubung dengan Facebook
Diem, sanggah jika mereka terafiliasi dengan facebook. (foto: dok. diem)

Bagikan:

JAKARTA – Proyek Stablecoin Diem telah menjauhkan diri dari Facebook sebagai tanggapan terhadap Senator Demokrat yang menyerukan penghentian segera dompet kripto Novi milik perusahaan itu.

Diem juga mengklaim regulator senior menyebutnya “proyek stablecoin dengan desain terbaik yang pernah dilihat oleh pemerintah AS.”

Dalam surat 19 Oktober yang dikirim ke CEO Facebook Mark Zuckerberg, para Senator termasuk kritikus kripto Elizabeth Warren, menyuarakan “penentang terkuat mereka terhadap upaya Facebook yang dihidupkan kembali untuk meluncurkan cryptocurrency dan dompet digital.”

Sebelumnya pada hari itu dompet Novi diluncurkan dalam kemitraan dengan Coinbase, dengan pilot project di AS dan Guatemala untuk memungkinkan pengguna membeli, mengirim, dan menerima Pax Dollars (USDP) melalui akun Novi mereka.

Tanggapan Diem terhadap surat tersebut menyatakan bahwa para Senator telah salah memahami “hubungan antara Diem dan Facebook,” sementara juga menjauhkan diri dari pilot dompet Novi:

“Diem bukan Facebook. Kami adalah organisasi independen, dan Novi dari Facebook hanyalah satu dari lebih dari dua lusin anggota Asosiasi Diem. Pilot Novi dengan Paxos tidak berhubungan dengan Diem.”

Meskipun secara teknis benar, argumen tersebut mungkin tidak cukup untuk meredam kekhawatiran Senator AS.

Diem sebelumnya dikenal sebagai Libra dan memiliki ikatan kuat dengan raksasa media sosial, karena proyek stablecoin awalnya diusulkan oleh Facebook pada tahun 2017, dan Kepala Keuangan Facebook David Marcus juga merupakan salah satu pendiri dan anggota dewan Diem.

Dalam surat mereka, para Senator menegaskan bahwa Facebook “tidak dapat dipercaya” karena perusahaan telah membuat beberapa langkah yang pada akhirnya “merugikan penggunanya dan masyarakat luas.” Ia juga mengatakan belum ada "penjelasan yang memuaskan tentang bagaimana Diem akan mencegah aliran keuangan terlarang dan kegiatan kriminal lainnya."

Diem membela diri dengan mengklaim memiliki "kontrol paling kuat di industri."

“Di luar kepatuhan kejahatan keuangan, kami terlibat secara ekstensif dengan tim pengatur antar-lembaga tentang desain proyek. Sebagai bagian dari tinjauan itu, kami membuat penyesuaian untuk mencerminkan umpan balik yang kami terima, dan kami diberitahu oleh regulator senior bahwa Diem adalah proyek stablecoin dengan desain terbaik yang pernah dilihat oleh pemerintah AS, ” kata sumber dari Diem.

Diem menyimpulkan dengan mengatakan bahwa ketika proyek stablecoin akhirnya diluncurkan, ia akan melakukannya dengan “keyakinan bahwa sistem pembayaran Diem aman, akan melindungi konsumen, dan akan memerangi kejahatan keuangan.”