Lima Senator AS Minta Dompet Kripto Facebook Ditutup, Ini Alasannya
Senator di AS terus memberikan tekanan pada Facebook. (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Lima senator telah menyerukan penutupan segera dompet crypto baru Facebook hanya beberapa jam setelah diluncurkan dalam kemitraan dengan Coinbase.

Senator yang skeptis terhadap Crypto, Elizabeth Warren, adalah salah satu dari lima senator yang mendesak CEO Facebook, Mark Zuckerberg, untuk "segera menghentikan" proyek tersebut. Dalam sebuah surat yang dikirim ke Zuckerberg pada Selasa, 19 Oktober, lima senator menulis:

“Mengingat ruang lingkup skandal di sekitar perusahaan Anda, kami menulis untuk menyuarakan penentangan terkuat kami terhadap upaya Facebook yang dihidupkan kembali untuk meluncurkan cryptocurrency dan dompet digital, yang sekarang masing-masing diberi merek 'Diem' dan 'Novi,'."

Diem adalah proyek stablecoin ambisius Facebook, sebelumnya dikenal sebagai Libra, yang telah menjadi subyek pengawasan ketat dan hambatan regulasi selama bertahun-tahun yang mengakibatkan sejumlah mitra utama menarik diri dari usaha tersebut. Novi adalah dompet crypto perusahaan, yang dirancang untuk menyimpan token Diem dan stablecoin lainnya.

Novi meluncurkan uji coba di Amerika Serikat dan Guatemala pada Selasa, 19 Oktober dalam kemitraan dengan Coinbase, yang akan menyediakan layanan penyimpanan kripto. Uji coba ini akan memungkinkan pengguna untuk memperoleh, mengirim, dan menerima Pax Dollars (USDP) melalui akun Novi mereka.

Pada Rabu, 20 Oktober, CEO Coinbase, Brian Armstrong, memberi selamat kepada David Marcus, co-creator dan anggota dewan Diem, menambahkan, “Dibutuhkan banyak ketekunan untuk mengabaikan para pembenci dan mengirim.”

Tembakan di haluan datang dari kantor Senator Brian Schatz dan ditandatangani bersama oleh Tina Smith, Richard Blumenthal, Ketua Komite Perbankan Sherrod Brown dan Senator Warren.

Mereka menyatakan bahwa Facebook telah berulang kali membuat keputusan bisnis yang sadar untuk melanjutkan "tindakan yang telah merugikan penggunanya dan masyarakat luas," menambahkan:

“Facebook tidak dapat dipercaya untuk mengelola sistem pembayaran atau mata uang digital ketika kemampuannya yang ada untuk mengelola risiko dan menjaga keamanan konsumen terbukti sepenuhnya tidak mencukupi.”

Dalam sebuah surat dari perusahaan yang mengumumkan uji coba, Marcus menyatakan, “Kami bermaksud untuk memigrasi Novi ke jaringan pembayaran Diem setelah menerima persetujuan peraturan.”

Perusahaan ini memiliki ambisi yang jauh lebih tinggi daripada sekadar dompet kripto dan stablecoin di ruang digital. Pada Minggu, 17 Oktober Facebook mengungkapkan rencana untuk menciptakan 10.000 pekerjaan berketerampilan tinggi di Uni Eropa selama lima tahun ke depan untuk membangun metaverse sendiri.