Senator AS Sebut Bitcoin Bakal <i>Bullish</i>, Ini Alasannya
Senator AS Ted Cruz memandang positif Bitcoin. (Kanchanara-Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Ted Cruz merupakan senator AS yang memandang positif Bitcoin (BTC). Cruz menyampaikan pandangannya soal BTC pada sebuah konferensi politik, Conservative Political Action Conference (CPAC) pada Kamis pekan kemarin.

Cruz menyebutkan alasannya begitu optimis terhadap mata uang kripto terutama Bitcoin.

“Salah satu alasan mengapa saya sangat optimis dengan kripto, pada bitcoin, adalah karena itu terdesentralisasi dan tidak dapat dikontrol,” imbuhnya.

Dia juga menyinggung ketidaksukaan Justin Trudeau terhadapnya dan para pengemudi truk. Trudeau juga berencana membekukan aset kripto milik Cruz dan para sopir. “Jadi pengadilan mencoba untuk membekukan crypto yang diberikan kepada pengemudi truk.”

Senator Cruz melanjutkan untuk membacakan surat dari perusahaan dompet bitcoin bernama Nunchuck kepada Hakim Pengadilan Tinggi Ontario. Perusahaan menerima perintah dari pengadilan pada 18 Februari untuk membekukan dan mengungkapkan informasi tentang aset yang terlibat dalam gerakan Freedom Convoy.

Sebagai informasi, Freedom Convoy merupakan aksi protes yang dilakukan oleh para sopir truk terhadap mandat dan pembatasan peraturan Covid-19.

Dalam surat ke pengadilan, tim Nunchuck menjelaskan bahwa itu adalah “dompet Bitcoin kolaboratif-multisig.” Mengutip bahwa itu adalah “penyedia perangkat lunak, bukan perantara keuangan kustodian.”

“Kami tidak dapat 'membekukan' aset (kripto) milik pengguna kami. Kami tidak dapat mencegah mereka dipindahkan. Kami tidak memiliki pengetahuan tentang 'keberadaan, sifat, nilai, dan lokasi' aset pengguna kami. Ini sudah dirancang,” tulis pihak perusahaan.

Surat itu diakhiri dengan perusahaan yang mendesak pengadilan, “Tolong cari tahu bagaimana menahan diri dan bagaimana private key bekerja.”

Tidak berhenti sampai di situ, Cruz juga mengungkapkan ketidakmampuan China dalam mengendalikan cryptocurrency. China akhirnya melarang Bitcoin dan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan kripto termasuk perdagangan dan penambangan uang digital berbasis blockchain tersebut. Hal itu pula yang membuat senator AS Elizabeth Warren membenci Bitcoin.

“Komunis China dan Elizabeth Warren, mereka berdua ingin mengontrol Anda, aset Anda, tabungan Anda, pidato Anda, hidup Anda, anak-anak Anda — setiap keputusan — mereka ingin kendalikan, jadi kita harus mematahkan maksud dari mengontrol warga negara,” tegasnya.

Senator dari Texas tersebut merupakan seorang holder bitcoin. Pada bulan Februari, dia dikabarkan membeli BTC senilai antara 15.001 dan 50.000 dolar AS.

Senator Warren telah berulang kali menyerang bitcoin, mengutip masalah lingkungan dan perlindungan investor. Dia telah mendesak Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk menggunakan “otoritas penuh” guna mengatur perdagangan kripto.