Jack Dorsey Sindir Proyek Kripto Diem Milik Zuckerberg: Buang-buang Waktu!
Pendiri Twitter Jack Dorsey (TheVerge)

Bagikan:

JAKARTA – Proyek mata uang kripto Diem yang digarap Meta telah gagal. Mengomentari hal ini, pendiri Twiter Jack Dorsey menyatakan bahwa pekerjaan proyek Diem hanya mnghabiskan “waktu yang terbuang sia-sia.” Dorsey menilai seharusnya perusahaan milik Mark Zuckerberg itu fokus untuk “membuat Bitcoin lebih mudah diakses oleh semua orang.”

Cointelegraph melaporkan bahwa CEO MicroStrategy Michael Saylor mewawancarai Dorsey pada hari selasa di konferensi “Bitcoin for Corporations 2022” mengenai bagaimana perusahaan dapat mengintegrasikan dan menggunakan Bitcoin (BTC). Dorsey mengatakan bahwa meskipun kemungkinan Facebook memulai Diem untuk “alasan yang tepat,” seharusnya menggunakan protokol terbuka seperti Bitcoin daripada mencoba membuat mata uangnya sendiri.

“Segala hal (yang berkaitan) dengan Libra dan kemudian Diem, saya pikir ada banyak pelajaran di sana,” kata Dorsey kepada Saylor. “Semoga mereka belajar banyak, tapi saya pikir ada banyak usaha dan waktu yang terbuang sia-sia.”

Kritiknya terhadap rekan media sosial Twitter yang lebih populer dan sukses mungkin tidak mengejutkan. Sejak mengundurkan diri dari perannya sebagai CEO Twitter pada November tahun lalu, Dorsey sejak itu menjelaskan bahwa ia berencana untuk menjadikan Bitcoin sebagai fokus perusahaan barunya, Block (sebelumnya dikenal sebagai Square.) Block memungkinkan pengguna untuk membeli Bitcoin melalui pembayaran seluler lewat layanan, CashApp.

“Dua atau tiga tahun itu atau berapa lama pun itu bisa dihabiskan untuk membuat Bitcoin lebih mudah diakses oleh lebih banyak orang di seluruh dunia.”

Dorsey menambahkan bahwa membuat BTC lebih mudah diakses juga akan menguntungkan banyak produk Meta, khususnya mengacu pada Facebook, Messenger, Instagram, dan WhatsApp.

“Kami memiliki jaringan terbuka ini sekarang. Dan itu bisa digunakan. Ini tidak dapat diakses oleh semua orang, tetapi dapat digunakan. Semakin mudah kita membuatnya, semakin cepat kita membuatnya, semakin mudah kita membuatnya, itu akan memperbaiki segalanya. Termasuk semua yang ingin dilakukan Facebook dengan Libra.”

Pada tahun 2019, Facebook (yang sekarang rebranding menjadi Meta) merilis whitepaper untuk Libra, proyek infrastruktur keuangan berbasis kripto hari ini. Namun, setelah banyak hambatan peraturan dan PR buruk yang memaksa proyek untuk mengubah citra Libra menjadi Diem pada Desember 2020, akhirnya gagal sebelum waktunya.

Meta secara resmi mengumumkan akan menjual kekayaan intelektual Diem dan aset lainnya ke Silvergate Capital Corporation pada 31 Januari 2022 dengan nilai agregat 182 juta dolar AS, secara resmi menyerahkan tongkat estafet pada 1 Februari kemarin.

Pada 12 Januari, CashApp mendapat peningkatan dan bisa terintegrasi dengan Bitcoin Lightning Network, memungkinkan transfer BTC yang lebih cepat dan lebih murah menggunakan protokol pembayaran layer kedua (L2).