Perusahaan Milik Jack Dorsey, Square Resmi <i>Rebranding</i> Jadi Block, Biar Fokus ke Kripto dan <i>Blockchain</i>
Square rebranding jadi Block (Coinkent)

Bagikan:

JAKARTA – Setelah mengundurkan diri dari Twitter, Jack Dorsey dirumorkan bakal lebih dalam ke ruang cryptocurrency. Itu terbukti dengan pengumuman perusahaan pembayaran digital milik Dorsey yaitu Square yang berganti nama menjadi Block. Nama Block sendiri mengacu pada teknologi yang mendasari kripto, yakni Blockchain.

Perusahaan mengumumkan dalam sebuah tweet baru-baru ini bahwa pihaknya melakukan rebranding dan akan menyatukan perusahaan dengan Cash App yang merupakan proyek pertukaran Bitcoin terdesentralisasi yang disebut tbDEX.

Selain itu, Block juga akan digabungkan dengan Tidal, sebuah platform streaming musik dan video. Informasi tersebut juga mengatakan bahwa lini perusahaan Square Crypto, juga akan mengubah namanya menjadi Spiral berada di bawah naungan Block.

“Blok merujuk ke blok lingkungan tempat kami menemukan penjual kami, blockchain, blok pesta yang penuh musik, rintangan untuk diatasi, bagian kode, blok bangunan, dan tentu saja, kubus tungsten,” tulis pengumuman Square.

“Kami telah bekerja untuk membuat perubahan ini selama lebih dari setahun, dan itu hanya mewakili perubahan nama perusahaan resmi kami; bukan tujuan kami, visi kami, struktur kami atau cara kami beroperasi.”

Perubahan nama Square menjadi Block tersebut tidak lama setelah Jack Dorsey melepaskan jabatannya dari Twitter. Dorsey kemudian mendapuk Parag Agrawal sebagai penggantinya di platform media sosial berlogo burung biru tersebut.

Di saat itu Jack Dorsey diisukan bakal berfokus pada pengembangan ekosistem kripto dan blockchain lewat Square. Ini serupa dengan yang dilakukan Mark Zuckerberg yang mengganti nama induk perusahaan dari Facebook ke Meta karena Zuckerberg ingin fokus mengembangkan dunia virtual, metaverse.

“Blok adalah nama baru, tetapi tujuan kami untuk pemberdayaan ekonomi tetap sama. Tidak peduli bagaimana kami tumbuh atau berubah, kami akan terus membangun alat untuk membantu meningkatkan akses ke ekonomi,” ujar Dorsey.

Block akan digunakan pada 10 Desember mendatang. Pihak perusahaan menyatakan meski ada pergantian nama perusahaan namun tidak ada perubahan dalam struktur organisasi pada Block, Cash App, Tidal, tbDEX, maupun Spiral.